PosKupang/

Yuk Belajar Sabar Jadi Airline CS

Kalian tahu, apa sih Airline CS? CS adalah setiap kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui

Yuk Belajar Sabar Jadi Airline CS
POS KUPANG/ENOLD AMARAYA
Tampil rapi dengan senyuman manis serta ramah sang customer service (CS) melayani pelanggan yang memesan tiket penerbangan di Bandara El Tari, Kupang, Kamis (29/6/2017 

POS KUPANG.COM -- HAI Teeners apa kabar? Semoga semuanya selalu kece badai dan stay fokus pada Edisi Teenager Pos Kupang, ya. Ada hal baru yang perlu kalian tahu dari teman-teman kita di maskapai penerbangan khususnya customer service (CS). Pasti tidak asing lagi di telinga kan? Nah, hari ini kita akan mengupas banyak hal tentang mereka. Penasaran?

Kalian tahu, apa sih Airline CS? CS adalah setiap kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang secara memuaskan. Pelayanan yang diberikan termasuk menerima keluhan atau masalah yang sedang dihadapi. Tapi, Teeners mereka bukan psikolog, ya.

Tugas utamanya adalah memberikan pelayanan dan membina hubungan baik dengan masyarakat sehingga harus ditekuni dengan penuh kemampuan, kecekatan dan kesabaran. Seorang CS juga harus bertanggungjawab dari awal sampai selesainya suatu pelayanan.

CS Garuda Indonesia sedang melayani penumpang, Rabu (14/6/2017).
CS Garuda Indonesia sedang melayani penumpang, Rabu (14/6/2017). (POS KUPANG/MARIA ENO TODA)

Dua teman kita ini Teeners. Sekarang menjalani profesi sebagai airline CS. Yolanda dan Marselina. Masing-masing dengan kesibukannya. Melayani penumpang setiap hari dan juga melayani semua bentuk keluhan dan masalah calon penumpang. Lumayan berat sih, tapi mereka berdua bisa melewati itu semua dengan santai dan stay focus on the trek, walaupun usianya masih sangat belia.

Yolanda menjadi customer service sejak tahun 2016 di maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Bandara El Tari Kupang. Teman kita yang satu ini sangat suka bergaul dan suka akan tantangan. Itulah alasan mengapa Yolanda memilih untuk menjadi CS.
Selain itu, wanita berbintang Capricon ini senang melayani orang lain. Yolanda mengakui menjadi customer service merupakan pekerjaan yang menyenangkan. Kenapa menyenangkan?

"Selain bisa mengetahui sifat atau karakter asli orang kalau sedang marah, pasti punya banyak kenalan nantinya. Kemudian kesabaran dan ketenangan kita dilatih. Jarang ada pekerjaan yang melatih kesabaran dan ketenangan sekaligus, teman-teman lain harus mencoba pekerjaan ini,'' kata Yolanda.

Sementara Marselina baru bertugas di Bandara El Tari Kupang selama tiga bulan sebagai CS Sriwijaya Air. Marselina sangat menyukai tantangan apalagi melayani orang lain, sudah pasti tantangannya berat. Ia juga suka traveling. Inilah yang membuat Marselina mau menjadi CS. Soalnya jalan-jalannya gratis. Boleh dicoba nih Teeners untuk profesi yang satu ini. (ff)

Jalan-Jalan Gratis

MENJADI customer service bisa jalan-jalan gratis ke mana saja. Bebas uang tiket, over bagasi dan lain-lain. Tetapi, asalkan menggunakan maskapai tempat dimana kita bekerja. Semua biaya ditanggung oleh pihak maskapai. Jangan khawatir soal biaya penerbangan. Semuanya dijamin aman tanpa kendala. Jadi tidak bingung kumpulin duit buat beli tiket. Semuanya sudah diurus oleh pihak maskapai.

Kaya Marselina ini, ke Banjarmasin, Yogyakarta, Makasar dan beberapa tempat lain di Indonesia untuk berlibur. Gratis alias bebas biaya penerbangan. Kan bisa hemat. Uang yang seharusnya buat tiket bisa dipakai belanja, jalan-jalan dan hal lain saat berlibur. (ff)

Halaman
12
Penulis: Maria Enotoda
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help