PosKupang/

Utamakan Keselamatan, Pesan bagi Siapa Saja yang Bekerja

Peristiwa yang dialami karyawan hotel ini menjadi peringatan bagi semua pekerja di manapun bahwa sehebat atau

Utamakan Keselamatan, Pesan bagi Siapa Saja yang Bekerja
net
ilustrasi 

POS KUPANG.COM - Kasus kecelakaan kerja kembali terjadi di Kota Kupang. Seorang karyawan pada Hotel On The Rock, Anton Lamen tewas diduga akibat tersengat arus listrik pada Rabu (28/6/2017) pagi. Anton meninggal dunia saat melaksanakan tugas rutin setiap hari. Idealnya Anton pasti sudah mengetahui secara detail proses dan tahapan pekerjaannya termasuk menghindari kecelakaan yang menyebabkan cacat fisik atau kematian.

Peristiwa yang dialami karyawan hotel ini menjadi peringatan bagi semua pekerja di manapun bahwa sehebat atau sepengalaman apapun kita harus tetap teliti dan hati-hati dalam bekerja agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Wajib hukumnya mematuhi standar kerja (SOP) yang sudah berlaku. Cukup sering karena merasa sudah menjadi tugas rutin biasa kita mengabaikan SOP yang berlaku.

Dan, tugas supervisor atau manager untuk selalu memberi peringatan atau pengarahan mengenai standar keselamatan kerja yang wajib dilaksanakan oleh semua komponen karyawan dalam suatu unit kerja.

Perlu dihayati bahwa risiko kecelakaan kerja bisa terjadi kapan dan di mana saja juga bisa menimpa oleh siapa pun sehingga setiap pekerja perlu mematuhi ketentuan yang telah digariskan. Dari sisi legalitas Undang-Undang No. 1/1970 dan UU No. 23/1992 sudah mengatur mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Semangat itu pun tersirat jelas dalam UU tentang Ketenagakerjaan di Indonesia.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah suatu kondisi dalam pekerjaan yang sehat dan aman baik bagi pekerjanya, perusahaan maupun bagi masyarakat dan lingkungan sekitar tempat kerja tersebut. Keselamatan dan kesehatan kerja juga merupakan suatu usaha untuk mencegah setiap perbuatan atau kondisi tidak selamat, yang dapat mengakibatkan kecelakaan.

Perusahaan yang memperkerjakan karyawan harus memiliki manajemen keselematan kerja. Artinya, keselamatan kerja merupakan perhatian utama dalam menghadapi risiko kecelakaan kerja. Setiap pekerja juga harus mengetahui jenis pekerjaan dengan tingkat risiko yang tinggi.

Risiko itu bisa datang dari peralatan yang digunakan, objek pekerjaan atau kondisi kerja seperti berada di ketinggian dan sebagainya. Demi meminimalisir risiko maka seorang pekerja harus tahu alat bantu yang diperlukan atau wajib digunakan. Bahkan alat bantu yang digunakan juga harus diketahui betul tingkat keamanannya.

Perusahaan tempat karyawan bekerja juga harus mempersiapkan semua fasilitas keselamatan kerja. Ini diperlukan bagi keselamatan kerja, bahkan dalam UU tentang keselamatan kerja sudah ditegaskan bahwa ancaman bagi perusahaan yang tidak menyiapkan fasilitas keselamatan kerja adalah penjara atau pidana kurungan selama satu tahun atau denda mencapai Rp 15 juta.*

Penulis: PosKupang
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help