WKRI Gelar Baksos, Ramai-ramai Tanam Bakau di Pantai Oesapa-Kupang

Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Provinsi NTT menggelar bakti sosial (baksos) di Pantai Oesapa, Sabtu (24/6/2017).

WKRI Gelar Baksos, Ramai-ramai Tanam Bakau di Pantai Oesapa-Kupang
pos kupang/apolonia matilde dhiu
Anggota WKRI menari bersama anak-anak SD di Oesapa saat gelar bakti sosial, Sabtu (14/6/2017). 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.com, Apolonia Matilde Dhiu

POS KUPANG.COM, KUPANG - Para pengurus, anggota dan simpatisan Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Provinsi NTT menggelar bakti sosial (baksos) di Pantai Oesapa, Sabtu (24/6/2017).

Kegiatan yang diawali dengan senam bersama ini dipimpin Ketua DPD WKRI Provinsi NTT, Ursula Dando-Lio, Wakil Ketua I , Evi Seran Gheta dan penasihat rohani, Rm. Ande Sika, Pr, dan Lurah Oesapa dan Pengurus Perdhaki NTT, dr. Yoanita Tukan.

Para anggota WKRI ini terlihat semangat. Mereka datang dari berbagai cabang paroki di Kota Kupang.

Mengenakan kostum WKRI dari masing-masing cabang, mereka mulai berkumpul di Taman Nostalgia (Tamnos) Kupang sejak pukul 05.30 Wita, dan mulai menuju ke Pantai Oesapa Kupang di lokasi penanaman mangrove.

Ada pula anggota yang menggunakan kendaraan pribadi dan langsung ke lokasi.

Baksos di Pantai Oesapa ini dimeriahkan dengan senam bersama yang dipimpin oleh Ny. Hepy Tuka.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembersihan pantai. Para anggota WKRI dan anak-anak SD Oesapa menggunakan kertas kresek merah mengumpulkan sampah plastik dan sampah kertas lainnya yang berserakan di sepanjang pantai.

Selanjutnya dirangkai dengan menggelar Pasar Murah bagi masyarakat di Pantai Oesapa dan sosialisasi pentingnya hidup sehat oleh Perdhaki NTT.

Ketua DPD WKRI Provinsi NTT, Ursula Dando Lio, mengatakan,  baksos ini dilakukan dalam rangka HUT ke-93 Wanita Katolik RI dan menjelang hari raya Idul Fitri.

Ia mengatakan, tema kegiatan ini "Merajut keberagaman dalam menjaga dan menghidupi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika" Mari katong jaga pantai sebagai beranda rumah masa depan, jaga Kesehatan supaya hidop lebih lama, dan jaga harga pangan supaya kita makan lebe bae."

Segenap pengurus WKRI pose bersama saat menggelar bakti sosial di Pantai Oesapa-Kupang, Sabtu (24/6/2017).
Segenap pengurus WKRI pose bersama saat menggelar bakti sosial di Pantai Oesapa-Kupang, Sabtu (24/6/2017). (Pos Kupang/Metil Dhiu)

Ia mengatakan, menjelang HUT WKRI juga ada momentum Hari Raya Idul Fitri sehingga sebagai wujud pelayanan kepada sesama, WKRI ingin berbagi melalui gelar Pasar murah.

"Masyarakat di sini heterogen sehingga momentum lebaran harus juga dirasakan oleh masyarakat di sini," katanya.

Ia mengatakan, lokasi Pantai Oesapa juga akan menjadi lokasi binaan DPD WKRI, sehingga setiap bulan akan ada kegiatan senam dan penanaman mangrove di lokasi ini.

"Kami ingin mengajak masyarakat di pesisir pantai untuk bersama-sama dan sadar akan pentingnya hidup sehat dan menjaga lingkungan pantai," katanya. (*)

Penulis: Apolonia M Dhiu
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved