PosKupang/

VIDEO: Tanpa Pimpinan Dewan, Sidang DPRD Manggarai Barat Divoting, Begini Reaksi 10 Anggota Lain

Hasil voting dari tujuh fraksi yang ada, empat fraksinya setuju sidang dilanjutkan, sedangkan tiga fraksi minta sidang dihentikan.

POS KUPANG. COM, LABUAN BAJO - Akibat ketidakhadiran tiga orang pimpinan DPRD Mabar, yaitu ketua dan dua orang wakilnya, sidang di lantai dua kantor wakil rakyat pada Hari Selasa (20/6/2017) menuai protes dari para anggota dewan dan berujung voting.

Voting dilakukan untuk menentukan apakah sidang bisa dilanjutkan atau tidak.

Hasil voting dari tujuh fraksi yang ada, empat fraksinya setuju sidang dilanjutkan, sedangkan tiga fraksi minta sidang dihentikan.

Saat sidang dilanjutkan, sepuluh anggota dewan walk out dan protes. Para wakil rakyat yang protes, yakni dua orang dari Demokrat, dua orang dari Gerindra; tiga orang dari Fraksi Gabungan Keadilan; satu orang dari Golkar; satu orang dari Hanura dan satu orang dari PKPI.

"Aneh, tiga pimpinan tidak ada. Ada yang tidak jelaskan kenapa tidak hadir. Begitu juga pemerintah. Seharusnya hari ini kita klarifikasi  tuduhan pemerintah terkait copy paste Ranperda.

Situasi sekarang sangat tidak cukup, sangat tidak elegan untuk klarifikasi hal yang dituduhkan pemerintah. Agenda ini baru bisa dilanjutkan kalau bupati, wakil bupati dan tiga pimpinan dewan hadir," kata anggota dewan, Yosep Suhardi saat sidang masih berjalan.

Sedangkan anggota dewan, Blasius Janu bersama beberapa anggota dewan lainnya walk out.

Setelah walk out, kepada Pos Kupang dia menyampaikan bahwa pimpinan DPRD seharusnya hadir untuk mendengarkan agenda jawaban pemerintah terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Mabar terhadap 12 Ranperda pada masa sidang II.

"Sekda itu sudah hebat. Walaupun bupati dan wakil bupati tidak hadir tetapi Sekda sudah mewakilinya. Sedangkan pimpinan DPRD tiga-tiganya tidak hadir. Di mana harga diri DPRD," kata Blasius, seperti yang terekam di video.

Pagi hari itu berlangsung sidang dengan agenda, jawaban DPRD atas pandangan umum pemerintah terhadap tiga buah rancangan peraturan daerah inisiatif DPRD.

Halaman
12
Penulis: Servan Mammilianus
Editor: agustinus_sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help