PosKupang/

Ini Penjelasan PLN Terkait Listrik dari Ulumbu ke Labuan Bajo

Sumber energi dari Ulumbu itu berkekuatan 20 mega watt. Saat ini tinggal satu jaringan transmisi SUTT tegangan 70 KV

Ini Penjelasan PLN Terkait Listrik dari Ulumbu ke Labuan Bajo
POS KUPANG/EUGENIUS MOA
Inilah PLTU Ulumbu di Desa Wewo, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai.

Laporan Wartawan Pos Kupang, Servan Mammilianus

POS KUPANG.COM, LABUAN BAJO- Suplai energi listrik dari Ulumbu Kabupaten Manggarai ke Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) tinggal selangkah lagi.

Sumber energi dari Ulumbu itu berkekuatan 20 mega watt. Saat ini tinggal satu jaringan transmisi SUTT tegangan 70 KV yang sulit dibangun, yakni di Ceko Nobo Labuan Bajo.

"Suplai listrik dari Ulumbu itu, untuk memperkuat sistem kelistrikan di Labuan Bajo. Dari seluruh pembangunan transmisi, tinggal satu yang belum, yaitu di lahan milik alam kul kul di kilo meter 27 Labuan Bajo," kata Manajer PLN Rayon Labuan Bajo, Yuniarto, Selasa (20/6/2017).

PT PLN, kata dia, berharap agar pemilik lahan membantu proses pembangunan transmisi agar berjalan lancar. Bila pekerjaan jaringan itu selesai maka suplai listrik dari Ulumbu ke Labuan Bajo sudah bisa dinikmati masyarakat.

Targetnya pada tanggal 17 Agustus 2017, suplai listrik dari Ulumbu sudah bisa dialirkan ke Labuan Bajo.

"Saat ini di Labuan Bajo masih menggunakan sumber listrik dari tenaga diesel dengan daya mampu pembangkit 10 mega. Beban puncaknya pada malam hari sebesar 7 mega," kata Yuniarto.

Ditambahkannya, jika ada investor yang membutuhkan listrik melebihi daya mampu, PLN tetap siap melayani dengan meningkatkan infrastruktur kelistrikan.

"Saat ini jumlah pelanggan 17.600 Orang di Kabupaten Manggarai Barat. Khusus di Labuan Bajo sebanyak 8.200 orang. Pelanggan terbesar adalah Bandara Komodo, yakni 800 KW. Kami sudah tawarkan agar Bandara menggunakan 1,5 mega untuk mendukung rencana penerbangan malam," kata Yuniarto. (*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Putra
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help