Sidak Prajurit TNI, Tim BNNP NTT Test Urine Prajurit TNI Korem 161 Kupang

Tim Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) NTT melakukan sidak terhadap prajurit TNI lingkup Makorem 161/Wira Sakti Kupang dengan melakukan tes urin

Sidak Prajurit TNI, Tim BNNP NTT Test Urine Prajurit TNI Korem 161 Kupang
ROMOALDUS PIUS
Ilustrasi: Dandim Ende, Letkol Inf Bambang Heri menjalani test urine sebagai antisipasi Narkoba. 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Edy Hayon

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Tim Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) NTT melakukan sidak terhadap prajurit TNI lingkup Makorem 161/Wira Sakti Kupang dengan melakukan tes urine dalam melaksanakan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4BN).

Kegiatan ini rutin dilakukan BNNP NTT selama triwulan untuk mengetahui apakah prajurit TNI menggunakan narkoba atau tidak. Dalam sidak ini, seluruh prajurit negatif tetapi kegiatan sidak ini sebagai bentuk sosialisasi agar para prajurit harus menjauhi obat terlarang dan berbahaya ini.

Kepala Seksi (Kasi) Intel Korem 161/Wira Sakti Kupang, Kapten (Inf) Andhi Sutianto dan Kepala Seksi BNNP NTT, MT Sidik, menyampaikan hal ini usai melakukan sidak terhadap prajurit TNI di Makorem 161/Wira Sakti Kupang, Senin (19/6/2017).

Kapten Andhi menjelaskan, kegiatan sidak ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi mengenai bahaya narkoba yang dilakukan jajaran Makorem bekerjasama dengan BNNP NTT.

Setiap tiga bulan sekali akan dilakukan sosialisasi dan ikutannya dengan sidak bersama. Kegiatan sidak ini, katanya, untuk memastikan apakah para prajurit mengkonsumsi narkoba atau tidak dan dari proses sidak oleh tim BNNP NTT ternyata seluruh prajurit negatif.

"Memang ditemukan ada anggota yang mengonsumsi obat pusing kepala tetapi itu tidak masuk dalam jenis narkoba. Kita terus melakukan sosialisasi agar prajurit TNI tidak boleh masuk dalama kegiatan peredaran maupun mengkonsumsi narkoba," katanya.

Sementara MT Sidik mengatakan, kegiatan ini sudah terprogram setiap tiga bulan sekali tim BNNP NTT turun melakukan sosialisasi yang diikuti dengan sidak. Tim melakukan tes urine buat prajurit dan dari hasil test ternyata semuanya negatif. BNNP NTT menyambut baik terhadap jajaran Korem 161/Wira Sakti yang cukup aktif melakukan kegiatan sosialisasi.

"Kami memang sedang mengusulkan kepada BNN Pusat untuk memberikan penghargaan kepada Korem 161/Wira Sakti Kupang karena aktif mengikuti sosialisasi P4GN ini. Apabila usulan kami ini diterima maka pada Juli nanti bertepatan dengan hari narkoba tingkat nasional akan diserahkan penghargaan dari Presiden RI. Kami salut dengan Korem yang sangat aktif dan ini kami prioritaskan," kata Sidik.*

Penulis: Edy Hayong
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help