PosKupang/

Berita Kota

VIDEO:Bulog Gelar Operasi Bawang Putih

Bulog terus mengeluarkan stok sesuai permintaan masyarakat. Karena tujuan Operasi Pasar untuk menstabiliasi pangan.

Laporan Wartawan Pos Kupang, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM, KUPANG--Terbilang masih pagi Operasi Pasar Bulog yang dilakukan tepat di depan Kantor Divre Bulog NTT ramai dikunjungi pembeli.

Mereka membeli beras, gula pasir, minyak goreng dan bawang putih.

Namun kebanyakan para pembeli menyerbu bawang putih.
Pasalnya harga bawang putih di pasaran masih tinggi Rp 60.000/kg, sedangkan Bulog menjualnya dengan harga Rp 38.000/kg.

Setiap hari bawang putih selalu laris manis. Baru sekitar pukul 10.00 wita lewat bawang putih yang disediakan sebanyak lima karung ludes terjual.

Namun, Bulog terus mengeluarkan stok sesuai permintaan masyarakat. Karena tujuan Operasi Pasar untuk menstabiliasi pangan.

Satu karung berisikan sekitar 50 sampai 70 kilogram bawang.
Sejak stok bawang putih di pasar tradisional kosong dan sempat meninggi, Bulog kemudian mendatangkan bawang putih dari Jawa Timur sebanyak 7 ton.

Salah satu konsumen, Ina kepada wartawan, Senin (12/6/2017), mengatakan adanya Operasi Pasar dari Bulog ini sangat membantu masyarakat untuk memperoleh kebutuhan sehari-hari. Terutama bawang putih yang sedang mahal di pasar.

Selain dilaksanakan didepan kantor Bulog kami juga bekerja sama dengan Desperindag yang sudah dijadwalkan, contohnya di lokasi Undana," kata Kasie Sekretariat, Umum & Humas Bulog Divre NTT, Zulkarnain.

Operasi Pasar Bulog digelar mulai pukul 08.00 Wita hingga 15.00 Wita. Komoditi bawang putih memang sedang ramai di pasar. Selain bawang putih ada beras premium kemasan 10 kilogram dengan harga Rp 90.000 sampai Rp 100.000, minyak goreng Bimoli Rp 15.000/liter, gula pasir Rp 12.500/kg dang bawang merah Rp 25.000/kg.

"Masyarakat sangat puas dan sangat meminati OP yang dilaksanakan oleh Bulog Divre NTT karena sangat membantu dengan harga yang terjangkau," tuturnya.

Setiap Sabtu, kata Zul, OP Bulog hadir Car Free Day. Di lokasi CFD OP pun diserbu penghuni CFD, beras 50 kg, bawang putih 65 kg habis dalam sekejap.

Zul menyampaikan inilah fungsi Bulog. Jika harga sudah tidak normal maka tugas Bulog untuk menstabilkan harga pasar untuk kepentingan masyarakat.

Tugas Satgas Pangan adalah lebih mencari penyebab kenaikan harga yang tidak stabil seperti penimbunan barang. Tapi yang melaksanakan stabilitas harga komoditi menjadi tugas Bulog.

"Kami juga bekerja sama dengan Polda NTT untuk pengamanan Operasi Pasar, " tutupnya.(*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help