Rossi Mengaku Mengalami Masalah Besar. Begini Ceritanya.

Sepertinya, dalam kondisi seperti ini, ketika level cengkeraman sangat rendah, motor tahun lalu membuat ban bisa bekerja lebih baik

Rossi Mengaku Mengalami Masalah Besar. Begini Ceritanya.
AFP PHOTO/JOSEP LAGO
JOSEP LAGO/AFP PHOTO Pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, menunggu di paddock saat sesi latihan bebas GP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, Sabtu (10/6/2017). 

POS KUPANG.COM, BARCELONA- Pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi. memulai balapan GP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, Minggu (11/6/2017), dari baris kelima start.

Rossi akan memulai balapan dari posisi start ke-13. Rekan satu timnya, Maverick Vinales, start dari posisi ke-9.

"Tadi merupakan hari yang sulit. Sejujurnya, saya menyangka tidak akan sesulit itu," kata Rossi dalam konferensi pers setelah sesi kualifikasi, Sabtu sore waktu setempat.

"Kemarin (Jumat) hasil saya tidak fantastis, tetapi saya punya feeling dengan motor dan kami melakukan modifikasi dengan motor. Namun, pagi ini sepertinya cengkeraman aspal berkurang dan buat kami itu merupakan masalah besar," kata Rossi.

Empat pebalap yang memakai motor Yamaha, termasuk Rossi, berada di luar 10 besar pencatat putaran tercepat pada sesi latihan bebas ketiga (free practice 3/FP3), Sabtu, yang berarti mereka tidak bisa langsung ikut kulaifikasi kedua (Q2).

Mereka harus mulai dari Q1. Dua pebalap yang akhirnya lolos dari sesi ini dan bisa ikut Q2 adalah Jonas Folger (Monster Yamaha Tech3) dan Vinales. Rossi dan Johann Zarco (Monster Yamaha Tech3) gagal.

"Kami sangat kesulitan pada Sabtu pagi (FP3) dan kami punya banyak masalah, terutama dengan ban. Sepertinya kami tidak bisa memaksimalkan kinerja ban dengan tepat," kata Rossi.

Dia menjelaskan dengan memakai ban jenis apa pun tetap sulit mendapatkan putaran maksimal. Ada ban yang lebih tahan lama dipakai, tetapi daya cengkeramnya sangat minim.

"Saya juga tidak beruntung karena gagal ke Q2 karena kalah cepat 0,002 detik. Start dari posisi ke-13 akan sangat, sangat berat. Kami rasa juga karena kecepatan kami tidak fantastis," kata dia lagi.

Tahun lalu, dengan kondisi lintasan tidak jauh berbeda, Rossi bisa memenangi balapan GP Catalunya.

"Buat kami, perubahan besarnya adalah motor. Sepertinya, dalam kondisi seperti ini, ketika level cengkeraman sangat rendah, motor tahun lalu membuat ban bisa bekerja lebih baik," kata pebalap 38 tahun tersebut.

"Selain itu, motor (2016) juga lebih mudah dikendarai di tikungan, saat masuk. Semua terjadi dengan lebih natural. Karena itulah, tekanan ke ban berkurang dan akhirnya lebih mudah memacu motor hingga limit," kata dia lagi.

Meski menyebut motor tahun lalu lebih mudah dikendalikan, Rossi tidak akan mengganti motornya sekarang.

Editor: Ferry Jahang
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved