Hebat, SMP NCIPS Rangking Satu di NTT, Servas Mario Sebut Resepnya

Sekolah berprestasi terbentuk dari guru-guru berprestasi. Bukan karena para muridnya dikejar-kejar untuk berprestasi.

Hebat, SMP NCIPS Rangking Satu di NTT, Servas Mario Sebut Resepnya
pos kupang/hermina pello
Siswa NCIPS 

- Laporan Wartawan Pos Kupang, Benny Dasman

POS KUPANG.COM, KUPANG- Di ruang kerjanya yang minimalis, namun sangat bernuansa religi, Selasa (6/6/2017), Ketua Yayasan Servas Mario Foundation (SMF), Servas Mario Pati, begitu semangat menceritakan sepak terjangnya memajukan dunia pendidikan di Flobamorata.

Putra Ende ini adalah sosok yang mengembangkan sekolah bilingual pertama di NTT dalam wajah Nusa Cendana International Plus School (NCIPS). Dari play grup, SMP, SMA hingga perguruan tinggi (Universitas San Pedro Kupang).

Dari litani perjuangannya, Servas Mario berpijak pada penyataan kunci yang terus bergema dalam dirinya dan disebutnya sebagai resep untuk terus berkiprah, begini, "Walau banyak dikritik, kami terus berupaya memberikan yang terbaik. Saya meyakini sebagai pribadi yang mau berdiri tegak, harus siap dikritik."

NCIPS kini terus bertumbuh dalam waktu. Rentang usia perjalanan yang masih tergolong belia, prestasi di bidang akademik mulai digenggamnya satu per satu, bak menaiki anak tangga. Mulai dari bawah. Prestasi para siswanya perlahan-lahan mendominasi.

Ini rekaman penghargaan dan prestasi di bidang akademik terbaru. Ujian nasional tingkat sekolah menengah pertama (SMP) 2016/2017 menjadi bukti nyata. SMP NCIPS sebagai salah satu sekolah di NTT yang mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) mendulang prestasi yang membanggakan.

Theofilus Juan Shianto, 'si pengharum' SMP NCIPS itu, bersama empat siswa dari sekolah lain, mendapatkan nilai 10 untuk bidang studi matematika. Theofilus mencatatkan namanya dalam sejarah perjalanan NCIPS sebagai torehan prestasi.

Prestasi Theofilus berhasil menempatkan SMP NCIPS Kupang pada rangking pertama--dari 58 SMP peserta UN-- data-data hasil ujian nasional berdasarkan peringkat nilai rata-rata tertinggi sekolah SMP/TS Kota Kupang tahun pelajaran 2016/2017.

Data yang diperoleh Pos Kupang menyebutkan, NCIPS dengan 17 peserta UN memperoleh jumlah nilai terendah UN 176,50, jumlah nilai tertinggi 348,50, rata-rata 270,38, kelulusan 100 persen, menempati rangking pertama, disusul SMP Kristen 1 Kupang dan SMP Abdi Kasih Bangsa Kupang di peringkat dua dan tiga.

SMP Kristen 1 Kupang dengan 82 peserta UN, mengantongi jumlah nilai terendah UN 179,00, jumlah nilai tertinggi 369,00, rata-rata 269,10, kelulusan 100 persen. SMP Abdi Kasih Bangsa Kupang dengan 11 peserta UN mendapatkan nilai terendah 202,00, nilai tertinggi 336,50, rata-rata 264,36, kelulusan 100 persen.

Halaman
123
Penulis: Benny Dasman
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help