PosKupang/

Jalani Puasa 12 Jam yang Adem di Durban Afrika Selatan, Ini Rahasianya

hawanya berasa sedang ada di Puncak, Bogor, Jawa Barat, sekalipun waktu menunjukkan pukul 13.00 waktu setempat.

Jalani Puasa 12 Jam yang Adem di Durban Afrika Selatan, Ini Rahasianya
(KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIAN
Kawasan pantai Utara Durban dari ketinggian. Gambar diambil pada Senin (5/6/2017) 

POS-KUPANG.COM, DURBAN-- Pada 2017, Durban di Afrika Selatan adalah salah satu kota dengan waktu puasa terpendek di dunia, yaitu sekitar 12 jam. Sudah begitu, cuacanya adem semilir tapi yang enggak sampai terlalu bikin kedinginan juga.

Langit biru, matahari terang benderang, laut membentang luas di depan mata, dan suhu udara 24 derajat Celcius, pada Senin (5/6/2017) siang, tak sedikit pun terasa terik.

Justru, hawanya berasa sedang ada di Puncak, Bogor, Jawa Barat, sekalipun waktu menunjukkan pukul 13.00 waktu setempat.

"Di sana musim berkebalikan dengan Eropa. Juni bisa jadi dingin, bahkan pernah turun salju," kata Hery Prasetyo, wartawan di Jakarta yang pernah meliput di Durban, Sabtu (3/6/2017), begitu tahu Kompas.com akan berangkat ke sana.

Saat di benua biru mengalami musim panas, di sini justru musim dingin. Namun, itu tadi, pada awal Juni 2017 suhunya masih berkisar antara 14 derajat Celcius dan 27 derajat Celcius.

Embusan anginnya saja yang bikin merinding-merinding adem. Entah kalau ini cuma tergantung level "ndesa" atau tidaknya seseorang menyikapi suhu udara dan cuaca.

Azan Subuh di Durban berkumandang pada pukul 05.13 waktu setempat. Itu setidaknya suara dari aplikasi di ponsel. Lalu, Maghrib adalah pukul 17.06 waktu setempat.

Selama satu hari di Durban, gaung azan dari kejauhan belum pernah terdengar.

Mencari makanan halal di Durban juga enggak pakai kening berkerut atau perlu kasak-kusuk mencari lingkungan komunitas Muslim.

Nyalakan saja aplikasi pencari lokasi makanan halal di ponsel, sederet nama restoran pun akan muncul.

Halaman
123
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help