Tiap Puskesmas di TTU Buka Pelayanan 24 Jam

Setiap puskesmas di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) sudah membuka pelayanan 24 jam untuk pelayanan persalinan dan gawat darurat.

Tiap Puskesmas di TTU Buka Pelayanan 24 Jam
POS KUPANG/TENI JENAHAS
Kadis Kesehatan Kabupaten TTU dr. Zakarias Fernandes 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM, KEFAMENANU -- Setiap puskesmas di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) sudah membuka pelayanan 24 jam untuk pelayanan persalinan dan gawat darurat.

Selain membuka pelayanan 24 jam, khusus pelayanan persalinan harus mengutamakan penanganan pasien daripada administrasi.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dr. Zakarias Fernandes kepada Pos Kupang, Selasa (6/6/2017). Menurut Fernandes, di Kabupaten TTU terdapat 26 puskesmas dan semuanya sudah memberi pelayanan 24 jam.

Pelayanan 24 jam hanya persalinan dan gawat darurat. Setiap puskesmas sudah memiliki ambulans sehingga pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit tidak mengalami kendala.

Namun ada satu daerah yang sedikit kendala dengan infrastruktur jalan seperti ke wilayah Mutis. Bila ada pasien dari wilayah itu dirujuk ke RSUD Kefamenanu maka membutuhkan waktu 2-3 jam.

Fernandes menambahkan, dari 26 puskesmas di TTU yang sudah memiliki dokter umum sebanyak 19 puskesmas, sedangkan tujuh puskesmas lainnya belum memiliki dokter. Pemerintah sedang berupaya agar tahun 2018, ketujuh puskesmas sudah ditempati dokter.*

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help