Satgas Pamtas RI-RDTL Gagalkan Penyelundupan Pakan Ternak ke Timor Leste

“Ya benar. Tadi anggota di Pos PLBN Motaain yang periksa dan amankan,” jawab Letkol Elvino yang dikonfirmasi melalui layanan WhatsApp.

Satgas Pamtas RI-RDTL Gagalkan Penyelundupan Pakan Ternak ke Timor Leste
ISTIMEWA
Anggota satgas pamtas RI-RDTL Yonif Raider 712/Wiratama di Pos Motaain melakukan pemeriksaan akhir sebelum truck yang membawa mie instan dan pakan ternak ini masuk ke Timor Leste, Jumat (2/6/2017). 

Laporan Wartawan Pos Kupang Edy Bau

POS KUPANG.COM, ATAMBUA --Pasukan Stuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-RDTL, Yonif Raider 712/Wiratama menggagalkan penyelundupan pakan ternak dari Atambua, Kabupaten Belu  ke Timor Leste melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain pada Jumat (2/6/2017).

Penyelundupan pakan ternak ini terungkap ketika anggota satgas yang bertugas di pos PLBN Motaain melakukan pemeriksaan terakhir di pintu gerbang yang telah melalui pemeriksaan dari petugas Bea Cukai di PLBN ini.

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL, Yonif Raider 712/Wiratama, Letkol Elvino Yudha Kurniawan yang dikonfirmasi Pos Kupang, Jumat (2/6/2017) malam membenarkan pengungkapan upaya penyelundupan tersebut.

“Ya benar. Tadi anggota di Pos PLBN Motaain yang periksa dan amankan,” jawab Letkol Elvino yang dikonfirmasi melalui layanan WhatsApp.

Informasi yang dihimpun Pos Kupang di Atambua, Jumat (2/6/2017) menyebutkan pakan ternak tiga karung dengan total 150 kilogram (kg) itu jenis HI- PRO-VITE berhasil diamankan anggota satgas di Pos Motaain setelah kendaraan yang memuat pakan ini melalui pemeriksaan oleh aparat Kantor Bea Cukai Atambua yang bertugas di PLBN Motaain.

Pakan ternak dalam kemasan tiga karung tersebut diamankan setelah diselidiki di dalam dua truk bernomor polisi DH 9395 HG. Truk tersebut akan berangkat ke Timor Leste dengan membawa barang ekspor berupa mie instan jenis mie sedap yang sudah lolos dan memiliki manifes ekspor barang ke luar negeri.

Selain truk ini, ada juga truk dengan nomor polisi DH 9606 LA yang mulanya, menjalani pemeriksaan Kantor Imigrasi terkait penumpang yang akan menyeberang ke Timor Leste.

Selanjutnya, staf Kantor Bea Cukai Atambua melakukan pemeriksaan barang yang akan dibawa ke Timor Leste. Setelah pemeriksaan tersebut, Kantor Bea Cukai mengeluarkan manifes barang sesuai dengan muatan dua truk tersebut.

Dalam pemeriksaan ketiga yang dilakukan anggota satgas di Pos Batas Motaain untuk melepaskan keberangkatan, ternyata ditemukan tiga karung pakan ternak yang tidak mempunyai dokumen barang seperti halnya mie instan yang sudah mempunyai manifes pengiriman barang.  *

Penulis: Fredrikus Royanto Bau
Editor: Hyeron Modo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help