Hambu Janji Perjuangkan Rastra 1.100 KPM di Pusat

Pemkab Matim serius menangani pengaduan sejumlah KPM Rastra yang tidak mendapatkan pembagian beras tahun 2017.

Hambu Janji Perjuangkan Rastra 1.100 KPM di Pusat
PK/ROB
Drs. Laurensius Hambu, M.TP

POS KUPANG.COM, BORONG - Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur (Pemkab Matim) akan serius menangani pengaduan sejumlah keluarga penerima manfaat beras kesejahteraan masyarakat (KPM Rastra) yang tidak mendapatkan pembagian beras tahun 2017.

Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Setda Matim, Drs. Lorens Hambu, M.TP menyampaikan hal itu kepada Pos Kupang di ruang kerjanya, Rabu (31/5/2017).

Dikatakannya, bukan hanya 25 KPM dari Desa Compang Ndejing saja yang tidak mendapatkan rastra tahun 2017 meski mereka mengantongi kartu keluarga sejahtera (KKS) dengan masa berlaku tahun 2014 sampai tahun 2019. Namun, data yang dihimpun dari sembilan kecamatan di Matim ada 1.100 KPM yang mengantongi KKS tetapi tidak mendapatkan rastra.

Sementara KPM muka baru yang tidak memiliki KKS tetapi mendapatkan rastra tahun 2017 sebanyak 3.452 KPM. "Data ini yang akan kita serius tangani dan kita akan sampaikan ke tingkat pusat di Menko Perekonomian dan Kementerian Sosial RI. Kita perjuangkan agar mereka yang punya KKS itu kembali diakomodir pada tahun 2018. Data ini bukan dari pemda yang kasih tetapi data dari pusat melalui badan pusat statistik," kata Hambu.

Hambu menjelaskan, dari 1.100 KPM yang tidak mendapatkan rastra tahun 2017 untuk Kecamatan Borong ada 105 KPM, Kecamatan Kota Komba 54 KPM, Kecamatan Lamba Leda 619 KPM, Kecamatan Sambi Rampas 211 KPM, Kecamatan Poco Ranaka Timur 32 KPM, Kecamatan Rana Mese 25 KPM, Kecamatan Elar Selatan 11 KPM dan Kecamatan Poco Ranaka 11 KPM.

"Mereka yang tidak mendapatkan rastra tahun 2017 ini rata-rata punya KKS dan juga mereka ini tergolong orang miskin. Jadi kami juga berharap agar data yang kami sampaikan ke kementerian ini agar pihak kementerian bisa mengakomodir kembali mereka ini. Kasihan mereka sudah susah, sudah dapat beras sedikit dan tidak terima lagi," kata Hambu. (rob)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved