Fashion Show di Panti Jompo

Dari Maju-Mundur Sampai Klepek-klepek, Goyangan Opa-Oma Bikin Heboh

Saat bergoyang pun, para lansia menyuguhkan aneka gerakan dengan variasi yang unik.

Dari Maju-Mundur Sampai Klepek-klepek, Goyangan Opa-Oma Bikin Heboh
Pos Kupang
SENAM--Para lansia di kelurahan Merdeka Kecamatan Kota Lama Kota Kupang senam bersama

Peringatan Hari Lansia Nasional tahun 2017 digelar 29 Mei mendatang. Namun para opa-oma di Panti Budi Agung Kupang sudah menyemarakknya dengan aneka kegiatan. Terkini, kemarin, lomba fashion show. Goyangan mereka bikin heboh. Mengundang gelak tawa.

SUASANA di halaman Panti Sosial Penyantunan Lanjut Usia  Budi Agung Kupang, Jumat (19/5/2017) pagi, sangat ramai. Bagaimana tidak, para lansia yang tampil dalam fashion show memeriahkan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-21 tahun 2017 mengundang gelak tawa.

Para pegawai dinas sosial dan masyarakat di sekitarnya tumpah ruah di halaman panti jompo setempat. Para pengguna jalan pun berhenti sejenak ikut menyaksikan penampilan opa-oma  yang begitu semangat menampilkan kebolehannya bergoyang.

Semaraknya perayaan HLUN tingkat Provinsi NTT yang mengusung tema, "Hidup Bermartabat di Usia Senja, Lanjut Usia Sejahtera," dengan sub tema,"Bersama Membangun Kepedulian Terhadap Lanjut Usia," ini benar-benar dinikmati sesama rekan lansia dan masyarakat umum. Lenggak-lenggok para lansia di atas pentas menjadi tontonan yang memikat pandang. Memukau!

Saat berpentas, opa-oma itu mengenakan busana khas masing- masing. Busana tradisional NTT. Ada mengenakan busana adat Timor, Sumba, Rote, Manggarai dan daerah lainnya. Mereka tampil layaknya seorang anak baru gede (ABG). Goyangnya energik. Bahkan ada yang sampai lupa waktu karena keasyikan bergoyang, sampai-sampai panitia harus membisik bahwa waktu sudah habis dan harus menuntun mereka agar keluar arena.

Saat bergoyang pun, para lansia menyuguhkan aneka gerakan dengan variasi yang unik. Mulai dari goyang maju-mundur, goyang dumang, hingga goyang klepek-klepek versi opa-oma.

Ekspresi mereka lepas. Senyum terus mengulum meski kebanyakan gigi mereka sudah ompong. Tak heran, aplaus penonton pun bergema sepanjang pentas.

Kendati ada yang terlihat grogi dan gerakannya mulai lambat karena termakan usia, mereka tetap semangat menunaikan tugasnya.

Terpana menyaksikan adegan-adegan unik para lansia, Kepala Dinas Sosial NTT, Drs. Wilhelmus Foni, M.Si, pun tak sanggup menahan tawa. Lenggak-lenggok opa-oma, yang juga hobi untuk berselfie itu, diabadikanya setiap moment. Sesekali mantan Penjabat Bupati Belu ini berdiri dari tempat duduknya untuk mencari angle yang tepat agar hasil jepretannya tidak mubazir.

Wilhelmus memberi apresiasi kepada para lansia yang mengambil bagian pada lomba fashion show itu yang dilukiskannya sebagai 'wakil Allah' di dunia. "Para lansia ini masih produktif, tinggal bagaimana mereka diberdayakan untuk tetap semangat," ujar Wilhelmus yang menonton lomba kemarin sampai selesai.

Halaman
12
Penulis: Benny Dasman
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved