VIDEO: Demi Warganya, Dua Kades di Belu Perbatasan RI-RDTL Teken MoU Dengan Imigrasi

Demi memberikan perlindungan hukum kepada warganya yang tinggal di wilayah perbatasan RI-RDTL, Kepala Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur (Tastim),

Laporan Wartawan Pos Kupang, Edy Bau

POS KUPANG.COM, ATAMBUA -- Demi memberikan perlindungan hukum kepada warganya yang tinggal di wilayah perbatasan RI-RDTL, Kepala Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur (Tastim), Ferdi Mones Bili dan Kepala Desa Maumutin, Kecamatan Raihat, Yohanes Dua melakukan penandatangan MoU dengan pihak Imigrasi Atambua sehingga bisa mendapat kemudahan pada saat akan mengurus dokumen perjalanan berupa Pas Lintas Batas (PLB).

Penandatanganan ini dilakukan di Kantor Desa Silawan, Kecamatan Tastim pada Jumat (26/5/2017). Turut menyaksikan penandatanganan MoU ini, Bupati Belu, Willybrodus Lay serta unsur Forkopinda Belu.

Kepala Desa Silawan, Ferdi Mones Bili dan Kades Maumutin, Yohanes Dua kepada Pos Kupang usai penandatangan MoU itu mengatakan sangat berterimakasih kepada pihakk imigrasi yang telah melakukan terobosan ini. Menurut keduanya, dengan adanya kesepahaman bersama ini terobosan ini diharapkan bisa menekan tingkat pelintas batas illegal.

Kepala Kantor Imigrasi Atambua, Kurniadie pada kesempatan itu mengatakan terobosan itu dilakukan sebagai salah satu upaya agar Imigrasi ingin selalu dekat dengan masyarakat dan hadir di tengah masyarakat untuk membuka ataupun member solusi.

"Sehingga masyarakat dapat menerima kenyamanan, perlindungan hukum apabila melintas," katanya.

Menurutnya, untuk tahap awal, hanya ada dua desa yang mendapat kemudahan pelayanan untuk mendapatkan PLB sehingga secara gratis bisa melintas di perbatasan. Namun kedepannya, lanjutnya, seluruh desa di wilayah perbatasan akan mendapatkan pelayanan yang sama.
"Kita minta dukungan dari pemkab sehingga program ini bisa berjalan maksimal. Dokumen yang dilayani adalah pas lintas batas. Mereka diperbolehkan melintas tanpa dikenakan biaya. Kalau melintas illegal akan dikenakan sanksi pidana," ujarnya.*

Penulis: Fredrikus Royanto Bau
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved