Anak-anak Kabupaten Kupang Ikut Gebyar Pandai Berhitung Matematika

40 anak SD asli dari Kabupaten Kupang mengikuti Gebyar Kabupaten Kupang Pandai Berhitung Matematika, di Hotel On the Rock, Jumat (26/5/2017).

Anak-anak Kabupaten Kupang Ikut Gebyar Pandai Berhitung Matematika
Net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Sekitar 40 anak SD asli dari Kabupaten Kupang mengikuti Gebyar Kabupaten Kupang Pandai Berhitung Matematika, di Hotel On the Rock, Jumat (26/5/2017).

Siswa kelas 3 SD ini terpilih karena nilai matematika mereka rendah pada semester ganjil.

Ketua Alumni STKIP Surya, Denti Vivi Emilia Nuban, usai Pembukaan kegiatan tersebut, mengatakan, siswa yang terpilih dibuktikan dengan foto copy rapot terakhir mereka.

Bahwa benar nilai mereka rendah pada mata pelajaran matematika. Selain untuk mengajar anak lebih pandai, siswa juga ditargetkan untuk bisa ikut ajang Olimpiade Sains Nasional tahun depan.

"Setelah pembukaan, 20 guru terpilih Alni dari STKIP suryo akan mulai dengan bimbingan mereka pada 29 Mei 2017. Satu guru akan membimbing dua orang anak. Mereka akan belajar setiap hari minimal dua jam selama enam bulan di Kabupaten Kupang. Siswa juga akan dites untuk persiapan mengikuti OSN, " tuturnya.

Kata Denti sebelumnya pernah dilakukan Seminar Matematika pada tahun 2016. Kegiatana gebyar ini merupakan rencana kerja tindak lanjut dari sebelumnya.

Ia berharap atas kerja sama dengan berbagai pihak seperti MDT Ministry, Yayasan Surya Institut, Pemda Kabupaten Kupang dan Hotel On the Rock ini anak-anak di Kabupaten Kupang bisa melek Matematika.

"Anak-anak bisa menunjukkan kepada anak-anak kabupaten Kupang lainnya bahwa matematika tidaklah sulit, bila tekun, giat dan didampingi serta belajar dengan metode yang benar pasti bisa, " ujarnya.

Pada acara pembukaan ini dihadiri langsung oleh Bupati kabupaten Kupang, Kepala Dinas P dan K, Kabid SMP Dinas P dan K, Kasie dan beberapa staf, Owner On the Rock Hotel, Gunawan, para pendeta dari MDT Ministry,  Alexander Lie, Pemilik Yayasan Surya sekaligus Presiden STKIP Surya,  Prof Yohanes Surya, P. hd, Ketua STIP Surya, Dr Nancy Susianna, MM dan undangaan lainnya.

Prof.  Yohanes Surya usai pembukaan mulai mengajar pembukaan. Ia mencairkan suasana dengan melempar beberapa pertanyaan penambahan kepada anak-anak.

Setiap anak yang bisa menjawab pertanyaannya langsung diberikan dorongan melalui pujian. Pernyataan wah hebat kerap kali spontan terlontar dari bibirnya.

"Ternyata anak Kupang hebat-hebat, " kata Prof Surya.

Ia mengingatkan kepada Alumni atau guru pendamping bisa ingij mengajari anak belajar matematika harus dites terlebih dahulu lewat pertanyaan-pertanyaan.

"Responsnya bagaimana? Saya pernah ajar matematika gasing, harus bisa melewati level-level sebelum ke level gasing itu. Ada namanya level kritis. Kalau mau melatih anak-anak, harus lihat levelnya, " jelasnya.  (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved