PosKupang/

Sugeng: Pembelian Beras Petani Tergantung Kualitas

Badan Urusan Logistik (Bulog) akan membeli beras petani. Namun beras petani yang dibeli bulog tergantung kualitasnya.

Sugeng: Pembelian Beras Petani Tergantung Kualitas
POS KUPANG/SERVATINUS MAMMILIANUS
PANEN PADI -Acara panen simbolis padi di persawahan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (18/5/2017).

POS KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Badan Urusan Logistik (Bulog) akan membeli beras petani. Namun beras petani yang dibeli bulog tergantung kualitasnya.

Secara umum ada dua mekanisme yang dilakukan bulog dalam menentukan harga beras yang dibeli dari petani, yakni sesuai dengan harga yang ditentukan pemerintah, dan menggunakan harga komersial.

"Ketentuan harga dari bulog tahun ini lebih fleksibel. Tentunya disesuaikan dengan kualitas berasnya," kata Kepala Bulog Sub Divre NTT, Sugeng Rahayu, saat panen simbolis padi klaster binaan BI di Desa Siru, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) di lokasi Kelompok Tani Ingin Jaya B, Kamis (18/5/2017).

Bupati Mabar, Agustinus Ch Dula, mengatakan, pengembangan potensi pariwisata di Mabar bertumpu pada aspek pertanian, khususnya di Lembor.

"Semua peluang pariwisata tumpuannya di pertanian dan perkebunan, termasuk sayur dan buah-buahan. Lembor menjadi sumber pasokan beras mulai tahun 1970-an. Mari kita renungkan perubahan dari tahun ke tahun. Kalau ada perubahan syukur. Kalau tidak ada, mari kita perjuangkan," kata Agustinus.

Agustinus memberikan apresiasi kepada TNI yang terlibat aktif dalam peningkatan produksi padi di Lembor.

Acara panen simbolis itu dihadiri Dandim 1612 Ruteng, Wakapolres Mabar, Koramil Komodo, Koramil Lembor, Kapolsek Lembor, Kajari Labuan Bajo, Kepala BPN Mabar, Asisten II Sekda Mabar, Camat Lembor, Kaban Pembangunan Mabar, Kadis Pertanian dan Kasatpol PP Mabar.

Kadis Pertanian Mabar, Anggalinus Gapul, kepada Pos Kupang mengatakan, saat ini produksi padi Lembor mencapai 8,2 ton per hektar. (ser)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Kanis_Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help