PosKupang/

Sekda Ende: Rumah Sakit Pratama Dibangun dengan Dana Rp 16 Miliar

Pemda Ende memastikan membangun rumah sakit pratama di Kecamatan Wewaria pada tahun 2017 ini dengan anggaran awal sebesar Rp 16 miliar.

Sekda Ende: Rumah Sakit Pratama Dibangun dengan Dana Rp 16 Miliar
ISTIMEWA
Agustinus G. Ngasu 

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Romualdus Pius

POS KUPANG. COM, ENDE - Pemda Ende memastikan membangun rumah sakit pratama di Kecamatan Wewaria, Kabupaten Ende pada tahun 2017 ini dengan anggaran awal sebesar Rp 16 miliar.

Sekda Kabupaten Ende, Dr dr Agustinus G Ngasu, M.Kes mengatakan hal itu saat membuka kegiatan sosialiasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tingkat Kabupaten Ende, Jumat (19/5/2017) di Aula Hotel Grand Wisata, Ende.

Agustinus mengatakan bahwa keberadaan rumah sakit pratama di kawasan utara Kabupaten Ende dinilai penting karena keberadaannya bisa membantu masyarakat di daerah itu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih memadai.

Hal yang tidak kalah penting adalah dengan adanya rumah sakit di kawasan utara Kabupaten Ende juga dapat menyerap tenaga kerja terutama tenaga kesehatan.

Jadi dengan demikian diharapkan kepada tenaga kesehatan tidak perlu resah karena tenaga mereka akan dibutuhkan di rumah sakit tersebut.

Sementara saat membacakan sambutan Bupati Ende, Ir Marsel Petu, Sekda Agustinus mengatakan Bangsa Indonesia mengalami perubahan pola penyakit atau sering yang disebut transisi epidemiologi, ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti stroke, jantung, kanker dan lain lain.

Untuk kesakitan dan kematian akibat penyakit menular semakin menurun, walaupun prevelensi penyakit masih cukup tinggi.

Kecenderungan kesakitan dan kematian akibat penyakit tidak menular ini, menyebabkan tingginya kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan, terutama pelayanan rujukan di rumah sakit. (*)

Penulis: Romoaldus Pius
Editor: agustinus_sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help