PosKupang/
Home »

Techno

» Apps

Penasaran dengan Virus WannaCry, Orang Ini Sengaja Menginfeksikan Komputernya, Ini yang Terjadi

Apabila komputer terjangkit WannaCry, maka tak bisa mengakses data pada komputer, kecuali sepakat membayar tebusan senilai Rp 4 juta.

Penasaran dengan Virus WannaCry, Orang Ini Sengaja Menginfeksikan Komputernya, Ini yang Terjadi
Facebook/Abrao
Layar komputer terinfeksi virus WannaCry. 

POS KUPANG. COM - Virus ransomware baru bernama WannaCry menghebohkan dunia tidak terkecuali di Indonesia.

Apabila komputer terjangkit WannaCry, maka tak bisa mengakses data pada komputer, kecuali sepakat membayar tebusan senilai Rp 4 juta yang diminta pembuat WannaCry.

Tebusan itu pun dibayar dalam bentuk uang virtual Bitcoin.

Tidak sedikit ahli IT yang penasaran terhadap WannaCry, mereka pun mencoba meneliti virus tersebut, di antaranya adalah Abrao Ximenes, praktisi keamanan jaringan pendiri group Kali Linux Indonesia ini mencoba menganalisa pola WannaCry.

Dia pun sengaja menjalankan Ransomwarenya yang dia dapat dari suatu website, di komputer kosong yang hanya berisi beberapa file.

Hal itu pun dia posting di facebooknya dengan akun Abrao Ximenes, dia menunjukkan bahwa filenya telah dikunci oleh Wannacry. "Hampir ratusan tipe file yang dikunci," tulisnya membalas komentar temannya.

"Antisipasinya ni bro?" tanya akun Erick Brown Poerba.

"Simpelnya gini bu... pada saat komputer dihidupin jangan langsung terhubung ke Internet, copy semua data-data penting ke harddisk atau flahdisk, lebih baik mengunakan windows asli dan update terus (jangan pakai bajakan), pakai anti virus yang terupdate.... hehehee... Kalau mau aman dari virus lagi heboh sekarang pakai Linux aja," jelas Abrao melalui akun facebooknya.

Dia juga menuliskan beberapa tips mencegah virus Wannacry di komentarnya, yaitu :
1. Matikan internet.
2. Matikan semua koneksi LAN maupun Wifi.
3. Backup seluruh data penting.
4. Blok port 139, 445 dan 3389.
5. Tutup celah keamanan MS17-010.
6. Nonaktifkan file sharing
7. Update antivirus dengan Exploit Protection.

Dia kemudian melakukan capture traffic si malware dan kemudian menganalisa polanya, di situ dirinya menemukan komputer yang kena Ransomware wanacry melakukan query ke domain.

Meskipun belum bisa membongkar private key dari si pembuat Virus, Alumni UPN Veteran Yogyakarta ini pun dapat menemukan Domain dan IP si Ransomware WannaCry.

Ketika sudah berhasil mendapatkan IP dan domain tersebut, dia bisa memblokirnya dari jaringan.

"Hasil test dari laptop aku, aku nggak hanya capture trafik jaringan tapi aku melakukan analisa memory dan reverse sample malware yang dijalanin juga," terangnya saat dihubungi BPost Online. (Banjarmasinpost.co.id/Amirul Yusuf)

Editor: agustinus_sape
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help