TNI AL Sosialisasi Hukum Laut dan Batas Negara

Ini alasannya mengapa dilakukan sosialisasi hukum laut dan batas wilayah negara di Maumere

TNI AL Sosialisasi Hukum Laut dan Batas Negara
Pos Kupang/Egy Moa
Peserta Sosialiasi Hukum Laut dan batas negara diselenggarakan Lanal Maumere di Aula Sikka Convention Centre,Rabu (17/5/2017) 

Laporan wartawan Pos Kupang, Eginius Mo'a

POS KUPANG.COM, MAUMERE - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (TNI AL) Pangkalan Maumere melakukan sosialisasi masalah hukum laut dan batas negara kepada segenap komponen masyarakat di Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Rabu (17/5/2017) di Aula Sikka Convention Centre (SCC), Kota Maumere.

Dua orang narasuber dari TNI AL, yakni Kasubdis Hukum Laut dan Internasional Diskumal, Kolonel Laut (P) Saleh, dan Kasubdis Topo Pantai Disnautika Pushidrosal, Letkol Laut (P) Sutiknop Ratikto.

Sosialiasi ini penting dilaksanakan, sebab Lanal Maumere membawahi Pulau Flores, Lembata dan Alor berbatasan langsung dengan dua negara tetaangga, Negara Demokratik Timor Leste dan Australia.

Komandan Lanal Maumere, Kolonel (Marinir) Firman Johan, dalam sambutan tertulis dibacakan Wakil Danlanal, Letkol Laut Wenslaus Kapo, mengatakan 2/3 wilayah Indonesia adalah laut sangat vital bagi kelangsungan pembangunan nasional.

Bagi Indonesia, laut berfungsi sebagai media pemersatu bangsa, media penghubung, media pertahanan, media membangun pengaruh dan media pengambilan sumber daya kekayaan alam.

"Laut dan segala kekayaannya dapat menjadi sumber konflik antardaerah dan juga antarnegara. Jika pengelolaan dan pemanfaatanya tidak dilaksanakan semestinya," tandas Firman.

Wakil Bupati Sikka, Drs. Paolus Nong Susar mengatakan potensi laut menjadi berkat tetapi juga bencana apabila pengelolaanya tidak memperhatikan aspek ekosistim, sosial dan budaya.

"Buikan hanya soal nelayan-nelayana kita yang selama ini menangkap lait melwati batas wilayah laut negara," kata Paolus. (*)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help