VIDEO

VIDEO: Odha Asal Kupang NTT Ingin Bunuh Diri Loncat dari Pesawat

Karena belum bisa menerima keadaannya terinveksi virus HIV/AIDS, seorang odha asal NTT ingin bunuh diri dengan cara melompat dari pesawat.

Laporan Wartawan Pos-Kupang.com, Novemy Leo

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Karena belum bisa menerima keadaannya terinveksi virus HIV/AIDS, seorang odha asal NTT ingin bunuh diri dengan cara melompat dari pesawat.

Namun segera diantisipasi dan sekarang yang bersangkutan telah menjadi pendamping odha lainnya. Saat ini ada sekitar 1.015 warga Kota Kupang terinveksi HIV/AIDS dan ratusan lainnya usia remaja atau sekolah.

Koordinator Flobamora Support, Emil Hurek, menjelaskan, agar bisa menjangkau odha di seluruh NTT, pihakya membentuk 17 kelompok dampingan sebaya (kds) di 17 kabupaten minus Kabupaten Rote Ndao, Sabu Raijua, Sumba Tengah dan Sumba Barat.

"Sejak tahun 2004 hingga saat ini kami telah mendampingi sekitar 2.700 odha dari 4.000-an kasus HIV/AIDS di NTT," kata Emil, di kantornya Senin (15/5/2017) sore.

Menurut Emil, pendapingan terhadap odha dari waktu ke waktu memiliki tantangan tersendiri. Tantangan terbesar biasanya datang dari odha itu sendiri.

"Biasanya dia tidak mau menerima kami karena asas kerahasiaan. Kalau mau bertemu kami, dia masih berpikir dulu, mereka ini baik tidak, mereka ini ember (tukang gosip, red) atau tidak. Tapi kami tidak pernah menyerah. Kami dekati terus dan biasanya mereka akhirnya menerima pendapingan. Bahkan sekarang malah mereka yang mencari kami untuk mendapinginya," kata Emil.

Untuk proses pendampingan mereka bekerjasama dengan pihak rumah sakit yakni RS umum, RS Tentara dan RS Bhayangkara. Jika ada temuan kasus di puskesmas atau rumah sakit, mereka langsung dipanggil untuk memberikan pendapingan terhadap odha. "Aktifis Flobamora Suppor dan LSM Perjuangan juga stand by di layanan kesehatan," kata Emil. (*)

Penulis: omdsmy_novemy_leo
Editor: omdsmy_novemy_leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved