Paria, Pahit Rasanya tapi Banyak Manfaat

Rasa pahit yang disebabkan karena adanya kandungan zat gizi quinine. Padahal dibalik rasanya yang pahit, paria mengandung banyak manfaat yang tidak di

Paria, Pahit Rasanya tapi Banyak Manfaat
Kontan
Paria 

TRIBUNNERS - Paria atau pare (Momordica charantia L.) merupakan tumbuhan merambat dari famili cucubitaceae atau keluarga labu-labuan.

Paria ini berbentuk panjang seperti mentimun dengan gerigi disetiap sisinya.

Paria banyak dikenal dikalangan masyarakat karena rasanya yang pahit.

Rasa pahit yang disebabkan karena adanya kandungan zat gizi quinine. Padahal dibalik rasanya yang pahit, paria mengandung banyak manfaat yang tidak diketahui oleh masyarakat.

Kandungan yang terdapat dalam paria cukup lengkap, selain kandungan serat yang tinggi, paria juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B6, kalsium, magnesium, kalium dan fosfor yang baik untuk tubuh kita.

Jika dilihat dari sisi nutrisi, paria kaya akan gizi. Dalam setiap 100 g paria, mengandung energi 34 kkal, protein 1.1 g, lemak 0.3 g, karbohidrat 6.8 g, kalsium 45 mg, fosfor 64 mg, besi 1.4 g, retinol 54 mcg, thiamine 0.08 mg, dan asam askorbat 52 mg.

Manfaat Paria

1. Mengobati Diabetes

Paria merupakan tanaman yang sering digunakan untuk mengobati diabetes melitus. Hal ini disebabkan karena paria mempunyai charntin, yaitu peptida yang menyerupai insulin dan alkaloid. Komponen-komponen tersebut secara aktif akan menurunkan kadar gula darah. Paria juga membantu untuk mencegah lonjakan penurunan insulin dengan jalan mengatur penggunaan gula dalam metabolisme tubuh yang telah diperoleh dari makanan.

2. Menurunkan berat badan

Halaman
123
Editor: Alfred Dama
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved