PosKupang/

Gala Desa Tahun 2017 Diawali dari Bulukumba Sulawesi Selatan

Gala Desa 2017 merupakan kejuaraan yang akan mempertandingkan enam cabang olahraga yaitu sepak bola, sepak takraw, bola voli, atletik, bulu tangkis.

Gala Desa Tahun 2017 Diawali dari Bulukumba Sulawesi Selatan
Ferry Ndoen
POS KUPANG/FERRY NDOEN WASIT - Alfons Theodorus, 5 DAN saat memimpin pertandingan di PON XIX 2016, di Gedung Sasana Budaya Genesha (Sabuga) Bandung, tanggal 26 September 2016. 

POS KUPANG.COM - Pekan Olahraga Desa, Gala Desa 2017 yang merupakan program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), akan dibuka di Bulukumba, Sulawesi Selatan, Minggu (14/5).

"Persiapan kick off Galadesa sudah 90 persen, tinggal pelaksanaannya saja. Yang jelas kami sangat mengapresiasi keseriusan tuan rumah dalam mempersiapkan acara pembukaan Galadesa," kata Ketua Pelaksana Galadesa 2017 Arifin Majid saat dikonfirmasi dari Jakarta, Sabtu.

Galadesa 2017 merupakan kejuaraan yang akan mempertandingkan enam cabang olahraga yaitu sepak bola, sepak takraw, bola voli, atletik, bulu tangkis dan tenis meja.

Ajang tersebut akan dibuka langsung oleh Menpora Imam Nahrawi di Lapangan Pemuda Kabupaten Bulukumba, Minggu, satu hari setelah kick off Gowes Pesona Nusantara yang dilakukan bersamaan di Merauke, Papua, dan Sabang, Aceh.

Bupati Bulukumba Andi Muhammad Sukri Sappewali dalam keterangan tertulis mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan diri dengan baik untuk kick off Galadesa 2017. Beberapa atraksi dan kesenian sudah disiapkan untuk mendukung kegiatan tersebut.

Ribuan orang dipastikan bakal hadir pada pembukaan, mengingat pemerintah daerah telah sejak jauh-jauh hari telah mensosialisasikan salah satu program unggulan Kemenpora itu.

Tarian massal Paduppa yang merupakan tarian khas budaya Bulukumba untuk menyambut tamu kehormatan juga akan ditampilkan.

"Ada 109 desa dari sepuluh kecamatan yang bakal terlibat. Kami berharap, Galadesa ini benar-benar mampu membangkitkan gairah masyarakat untuk aktif berolahraga, sehingga kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba bisa ditekan," kata Andi.

Dengan Galadesa ini, Andi juga berharap pemerintah pusat terutama Kemenpora bisa membantu pembangunan sarana dan prasarana olahraga di Bulukumba yang sangat terbatas. Bahkan, hingga saat ini kabupaten ini belum memiliki kolam renang.

"Selama ini kalau menyelenggarakan lomba renang di laut karena kami belum memiliki kolam renang. Harapan saya, Kemenpora dapat membantu kami membangun kolam renang dan gelanggang olahraga yang dapat digunakan kegiatan olahraga secara umum," kata Andi menegaskan. *)

Editor: Ferry_Ndoen
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help