PosKupang/

Peredaran Uang BI Jelang Lebaran Tahun Ini Akan Meningkat, Ini Penyebabnya

BI memperkirakan terjadi kenaikan 15 persen dari arus uang yang dibutuhkan masyarakat dibandingkan tahun lalu menjelang lebaran

Peredaran Uang BI Jelang Lebaran Tahun Ini Akan Meningkat, Ini Penyebabnya
POS KUPANG/FREDERIKUS ROYANTO BAU
Kepala BI Perwakilan NTT, Naek Tigor Sinaga sedang menjelaskan mengenai persiapan uang jelang puasa dan lebaran, di Rootop BI NTT, Selasa (9/5/2017). 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Bank Indonesia memperkirakan terjadi kenaikan 15 persen dari arus uang yang dibutuhkan masyarakat dibandingkan tahun lalu untuk kebutuhan uang beredar jelang lebaran.

Tahun ini ada kenaikan yang juga dipengaruhi oleh peningkatan kebutuhan uang oleh masyarakat terhadap uang tunai dan disebabkan telah beroperasinya tiga kas titipan pada akhir tahun 2016.

Kepala Kantor Perwakilan BI NTT, Naek Tigor Sinaga, ketika menggelar jumpa pers terkait Persiapan Layanan Pengedaran Uang Jelang Puasa dan Hari Raya Idul Fitri di Rooftop Kantor BI, Selasa (9/5/2017), mengatakan sampai saat ini ada enam kas titipan.

Pada triwulan IV telah dibuka kas titipan di Ende, Ruteng dan Lembata.

Secara otomatis persediaan uang yang disalurkan melalui kas titipan akan lengkap sehingga dimasukkan dalam proyeksi, agar kebutuhan peningkatan uang lebaran 15 persen.

Ia menyampaikan posisi kas yang ada di Bank Indonesia dan enam kas titipan saat ini senilai Rp 2,43 triliun.

Dari total tersebut diperkirakan akan diambil secara bertahap.

Antisipasi Rp 400 miliar untuk akhir Mei yang disebabkan  penarikan gaji pegawai dan mencapai puncak  akhir Juni menyambut Hari Raya Idul Fitri.

“Sebelum itu akan ada gaji pegawai, THR dan lainnya. Jadi BI menyiapkan Rp 1,16 triliun ditambah Rp 400 miliar. Totalnya Rp 1,5 triliun akan disiapkan untuk kebutuhan lebaran. Dengan adanya stok uang Rp 2,43 triliun otomatis BI masih mempunyai saldo sekitar Rp 800 miliar. Rata-rata off flow, uang keluar dari BI Rp 400 miliar. Jadi ketahanannya sampai dua bulan,” tuturnya, didampingi Deputi Kepala Perwakilan BI, Fauzi Amir.

Halaman
123
Penulis: Frederikus Riyanto Bau
Editor: agustinus_sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help