PosKupang/

Anda Sopan Komodo pun Segan, Inilah Tips Aman Berkunjung ke Taman Nasional Komodo

Tidak hanya media lokal dan nasional, bahkan pemberitaan media-media luar negeri jauh lebih lengkap disertai foto-foto dan video

Anda Sopan Komodo pun Segan, Inilah Tips Aman Berkunjung ke Taman Nasional Komodo
ISTIMEWA
Warga Singapura yang digigit komodo, Rabu (3/5/2017).

POS KUPANG.COM - Kasus gigitan Komodo yang dialami Lon Lee Alle, seorang turis asal Singapura, telah menjadi berita yang menggemparkan dan viral di berbagai media.

Tidak hanya media lokal dan nasional, bahkan pemberitaan media-media luar negeri jauh lebih lengkap disertai foto-foto dan video yang memperlihatkan betapa parahnya luka yang dialami Lon akibat gigitan binatang purba itu.

Baca: TIPS Aman Berkunjung ke Taman Nasional Komodo, Ikuti Arahan Ranger Saat Melihat Komodo

Hal ini membuktikan bahwa Komodo dan kawasan Labuanbajo telah menjadi perhatian dunia, terutama sejak terpilih sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Setiap saat ribuan wisatawan datang ingin melihat dari dekat binatang raksasa itu.

Namun, di sisi lain kasus gigitan Komodo yang menimpa wisatawan dan fotografer ini bisa saja menjadi warta buruk bagi pesona Komodo dan Labuanbajo. Kasus ini bisa membangkitkan perasaan angker dan menakutkan bagi warga dunia. Akibat lanjutannya wisatawan bisa saja mempertimbangkan kembali rencana kunjungannya ke Komodo dan Labuan Bajo.

Baca: Komodo Gigit Fotografer Asal Singapura Menjadi Pemberitaan Media Asing

Ya, bisa jadi. Namun, perlu diingat bahwa ciri angker Komodo bukanlah baru muncul sekarang. Watak itu sudah ada sejak binatang ini ada dan ditemukan menghuni Pula Komodo dan sekitarnya.

Baca: Komodo Itu Kelihatan Jinak Tapi Sesungguhnya Kadal Raksasa Paling Berbahaya di Dunia

Meski angker dan menakutkan, bukan berarti Komodo tidak bisa didekati. Asalkan mematuhi sejumlah peraturan yang berlaku di lokasi tersebut, maka Komodo aman bagi setiap orang yang berwisata ke sana.

Dari kronologi kasus gigitan yang menimpa Lon, kita tahu bahwa korban bukannya tidak tahu bahaya binatang tersebut. Petugas dan warga sekitar sudah mengingatkannya berulang- ulang agar tidak memotret binatang tersebut terlalu dekat karena bisa membahayakan.

Halaman
12
Penulis: PosKupang
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help