PosKupang/

Mengunjungi Obyek Wisata di Kampung Golo-Cibal-Manggarai: Pesona Liang Woja Menggoda

Obyek wisata yang ada di Kampung Golo, Desa Golo, Kecamatan Cibal itu bernama Liang (gua) Woja.

Mengunjungi Obyek Wisata di Kampung Golo-Cibal-Manggarai: Pesona Liang Woja Menggoda
istimewa
Obyek wisata alam Gua Liang Woja di Kampung Golo, Desa Golo, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai. Gambar diambil 9 Maret 2017.

POS KUPANG.COM -  Banyak obyek wisata alam di Kabupaten Manggarai yang memiliki nilai jual dan punya daya tarik tinggi. Salah satu obyek wisata di Manggarai yang bisa menarik kunjungan wisatawan ada di Kampung Golo, Desa Golo, Kecamatan Cibal.

Lokasi obyek wisata ini mungkin sebagian orang di Manggarai belum mengetahuinya. Obyek wisata yang ada di Kampung Golo, Desa Golo, Kecamatan Cibal itu bernama Liang (gua) Woja.

Untuk sampai ke gua alam ini Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Dari Kota Ruteng Anda akan melintasi ruas jalan negara Ruteng-Reo. Sampai di perempatan Kelurahan Pagal, Kecamatan Cibal, Anda belok ke arah kanan menuju wilayah Kecamatan Cibal Timur.

Lokasi gua ini bisa ditempuh dengan waktu satu jam menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Apalagi kondisi jalan ke lokasi gua ini sudah diperbaiki.

Obyek wisata alam Gua Liang Woja di Kampung Golo, Desa Golo, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai. Gambar diambil 9 Maret 2017.
Obyek wisata alam Gua Liang Woja di Kampung Golo, Desa Golo, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai. Gambar diambil 9 Maret 2017. (ISTIMEWA)

Gua yang berada di sebelah bawah jalan raya menuju Kampung Golo, Desa Golo, Kecamatan Cibal, ini berjarak 20 Km dari Kota Ruteng. Gua alam ini memiliki keindahan perut bumi. Gua alam yang terletak di ujung Kampung Golo ini menampilkan keindahan yang tidak bosan-bosannya dinikmati.

Hardi Sungkang, Humas Stikes Santu Paulus Ruteng, kepada Pos Kupang di Ruteng, Kamis (27/4/2017) siang, menceritakan keindahan gua alam tersebut.

Putra kelahiran Kampung Golo, Kecamatan Cibal, ini mengatakan, di dalam gua itu ada hiasan batu yang kemilau. Batu-batu tersebut bentuknya beragam sehingga dapat meninabobohkan mata pengunjung.

Apalagi di dalam gua itu memiliki hawa yang sejuk dan bersahabat. Bias cahaya dari luar persisnya di pintu masuk membuat mata tak jenuh-jenuh memandang ketika berada di dalam gua tersebut.

Pemandangan di gua Liang Woja
Pemandangan di gua Liang Woja (Istimewa)

Di pintu masuk, tampak keindahan wajah patung Bunda Maria. Gua besar itu memiliki dua sisi, yakni sisi kiri dan sisi kanan. Dalam perut gua tersebut tidak menembus cahaya sinar matahari. Karena itu, setiap orang yang masuk di dalamnya harus menggunakan senter atau alat penerangan yang secukupnya. Sementara dalam ruangan yang menyimpan wajah asri Bunda Maria sedikit mendapat sinar matahari. Sinar tersebut tembus langsung dari pintu masuk.

Di sisi pertama, pada bagian kanan pintu masuk menyajikan beragam bentuk. Ceruk-ceruk labirin dalamnya menyimpan sejuta keindahan.

Halaman
12
Penulis: Aris Ninu
Editor: agustinus_sape
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help