MEAN ENDE: Semangat dari Balik Bukit Nuawika

Masyarakat SM3T Indonesia basecare Ende menggelar kegiatan Mengedukasi Anak Negeri (MeAN) yang berlangsung di SDK Nuawika, Dusun Nuawika, Desa Taniwod

MEAN ENDE: Semangat dari Balik Bukit Nuawika
ISTIMEWA
Masyarakat SM3T Indonesia basecare Ende menggelar kegiatan Mengedukasi Anak Negeri (MeAN) yang berlangsung di SDK Nuawika, Dusun Nuawika, Desa Taniwoda, Kecamatan Lepembusu Kelisoke 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Yeni Rachmawati

POS KUPANG. COM, KUPANG -- Masyarakat SM3T Indonesia basecare Ende menggelar kegiatan Mengedukasi Anak Negeri (MeAN) yang berlangsung di SDK Nuawika, Dusun Nuawika, Desa Taniwoda, Kecamatan Lepembusu Kelisoke Lepembusu, Ende.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini merupakan salah satu program kerja Yayasan Masyarakat SM3T Indonesia yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada peserta didik di daerah 3T, mengembangkan dan melatih kreativitas serta keterampilan kepada peserta didik di daerah 3T, dan menyalurkan kemampuan alumni SM3T sesuai bidangnya.

Masyarakat SM3T Indonesia Insitute sendiri terdiri dari program MBMI yang dicanangkan olek Kemenristek Dikti, yakni:

1) Program SM3T, 2) PPGT, 3) PPGT Kolaboratif,
4) PPG PGSD berasrama, dan
5) Basic Science.

Kegiatan yang baru pertama kali diadakan di kabupaten Ende ini merupakan inisiatif dari Masyarakat SM3T Indonesia Insitute basecare Ende (Tim kerja MEAN Ende) yang baru terdiri dari Alumni Sarjana Mendidik Daerah Terdepan, Tertinggal, dan Terluar (SM3T), Basic Science, dan Program Profesi Guru Terintegrasi (PPGT).

Kegiatan ini mendapat antusias yang tinggi baik dari siswa-siswi, kepala sekolah dan staf guru, orang tua siswa, serta masyarakat setempat.

"Mai sai kita simo no lima o dhena. Tuka ate masa ngere pingga bhara. SM3T ra'i sawe, ebe tau gare mae no'o kita lei sawe, iwa tau baje. Ebe wi pati pera iwa o sala," ungkap Nadus, tokoh masyarakat ketika bhe'a (sambutan adat) dalam bahasa setempat. Ungkapan tersebut memiliki arti bahwa mereka menerima dengan tangan terbuka kedatangan Masyarakat SM3T Indonesia basecare Ende layaknya piring putih.

Masyarakat SM3T datang bukan untuk omong kosong tetapi untuk mengajarkan yang benar bagi anak-anak.

Tarian penyambutan yang diringi nggo lamba dan feko enggo oleh orang tua murid turut menyambut kedatangan Timker MEAN Ende.

Halaman
12
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help