PosKupang/

Model "Playboy" Foto Telanjang di Gunung Taranaki, Picu Kemarahan Warga Maori

"Itu konflik antara asumsi Barat dengan keyakinan serta nilai warga asli," tutur tegas Ngaware.

Model
(Instagram/BBC)
Jaylene Cook mengaku sudah melakukan riset sebelum berfoto di Gunung Taranaki, Selandia Baru, yang dianggap suci oleh warga suku Maori. 

POS KUPANG.COM, WELLINGTON -- Bagi banyak orang yang ingin mendapatkan foto yang memukau untuk dipajang di Facebook atau Instagram, berada di puncak gunung dengan latar belakang awan, jelas merupakan foto yang sempurna.

Jika Anda seorang model majalah Playboy dengan sekitar 300.000 pengikut, kenapa tidak melepas baju sekalian untuk berfoto telanjang.

Itulah yang dilakukan Jaylene Cook ketika mendaki Gunung Taranaki, Selandia Baru dan foto telanjangnya - yang diambil dari sudut agak menyamping - disebarkan lewat Instagram.

Warga Maori berpendapat aksinya tidak peka secara budaya karena puncak Gunung Taranaki adalah tempat yang suci bagi mereka.

"Itu seperti orang datang ke Basilika Santo Petrus di Vatikan dan berfoto telanjang di sana," kata Dennis Ngawhare, juru bicara komunitas Maori setempat kepada BBC.

Diterbitkan lewat akunnya di Instagram, foto itu - yang memperlihatkan dia berdiri memandang ke kejauhan di puncak gunung dengan ketinggian 2.518 meter - mendapat 10.000 suka.

"Orang mungkin mengatakan hanya batu dan tanah jadi bagaimana mungkin Anda menghinanya?" kata Ngawhare.

Namun bagi warga Maori, Gunung Taranaki adalah tempat pemakaman para leluhur dan gunung itu sendiri dianggap sebagai nenek moyang.

Bahkan, berdasarkan tradisi Maori, mendaki hingga ke puncaknya tidak pantas karena hanya beberapa orang saja yang melakukannya untuk melakukan upacara ritual.

Sejak dijajah Inggris, suara penduduk asli tidak banyak didengar menyangkut gunung yang oleh Kapten Cook diberi nama Gunung Egmont dan belakangan banyak turis yang ingin mendaki gunung api yang indah tersebut.

Halaman
12
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help