PosKupang/

Mobil Porsche Cayenne Tarik Airbus A380 dan Cetak Rekor Dunia

Mobil bermesin diesel produksi tahun 2017, Cayenne S tercatat dalam buku rekor dunia, Guinness World Record, setelah mampu menarik pesawat Airbus A380

Mobil Porsche Cayenne Tarik Airbus A380 dan Cetak Rekor Dunia
Sebuah Porsche Cayenne, yang dikemudikan teknisi Inggris Richard Payne, menarik sebuah Airbus A380 sejauh 41 meter di Bandara Internasional Charles de Gaulle, Paris. (Porsche/EPA ) 

POS KUPANG.COM, PARIS -- Sebuah mobil Porsche Cayenne membuat rekor dunia dengan menarik pesawat penumpang terbesar di dunia bandar udara di Perancis.

Mobil bermesin diesel produksi tahun 2017, Cayenne S tercatat dalam buku rekor dunia, Guinness World Record, setelah mampu menarik pesawat Airbus A380 milik maskapai Air France.

Pesawat seberat 280 ton itu bergulir di landasan Bandara Internasional Charles de Gaulle.

Kendaraan yang menarik pesawat raksasa itu tak dimodifikasi atau mengunakan konfigurasi mesin khusus.

Selain itu, penarikan pesawat pun hanya menggunakan kait yang dirancang khusus, hingga pesawat itu bisa bergerak maju. 

"Kami telah melakukannya, dan kami lega. Kami biasanya tak pernah melakukan uji coba batas maksimal kendaraan kami hingga sedalam ini," kata teknisi Porsche Inggris, Richard Payne yang mengemudikan mobil itu.

"Saya rasa uji caba kali ini nyaris menyentuh limit dari mobil tersebut," kata Payen seperti dikutip laman UPI.com, Selasa (2/5/2017).

"Saya hanya bisa mengatakan, mobil itu harus bekerja keras, tapi Cayenne ini tak menyerah dan terus berputar. Kaca spion saya seluruhnya tertutup badan pesawat itu, menarik," kata dia.

Mobil ini tercatat mampu menarik pesawat besar itu sejauh lebih dari 41 meter.

"Mobil-mobil kami dikenal selalu memiliki performa di atas apa yang diharapkan pelanggan. Mobil tersebut dirancang untuk tangguh," kata dia.

"Tapi pencapaian Cayenne kali ini merupakan hal yang luar biasa," sebut Payne.*

Editor: alfred_dama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help