Ini Kiat sehat Mbah Gotho, Manusia Tertua di Dunia Asal Indonesia

Warga RT.18 RW.06 Dukuh Segeran, Cemeng, Kecamatan Sambung Macan, Sragen, Jawa Tengah, memenuhi rumah

Ini Kiat sehat Mbah Gotho, Manusia Tertua di Dunia Asal Indonesia
FAJAR SODIQ
Mbah Gotho saat merayakan ulang tahun, Sabtu (31/12/2016). 

POS KUPANG.COM - Mbah Getho, nama panggilan Sodimejo (146) yang diperkirakan sebagai manusia tertua di dunia, tutup usia di rumahnya pada Minggu (30/4), sekitar pukul 17.45 WIB.

Warga RT.18 RW.06 Dukuh Segeran, Cemeng, Kecamatan Sambung Macan, Sragen, Jawa Tengah, memenuhi rumah duka dan melepas jenazah Mbah Gotho ke tempat pemakaman Tanggung, sekitar 300 meter dari kediamannya.

"Saya ketemu beliau semasa hidupnya menerima apa adanya, dari semua pemberian orang. Beliau sudah memesan batu nisan untuk kuburannya sejak 1992," kata Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno saat melayat ke rumah duka.

Mbah Gotho menghembuskan nafasnya yang terakhir di rumah setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Soehadi Prijonegoro Sragen selama enam hari.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen memberi perhatian kepada Mbah Gotho misalnya dengan mengirim petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ke rumah saat membuat KTP elektronik.

Warga yang mengantar jenazah Mbah Gotho hingga ke tempat peristirahatan terakhir di tempat pemakaman juga merasa kehilangan sosok manusia tertua itu.

"Saya melihat semasa hidupnya Mbah Gotho sering menolong orang, dan penyabar," kata Sugi, salah satu pelayat warga setempat.

Suryanto (47) salah satu cucu Mbah Gotho mengatakan kakeknya makan sehari-sehari tidak mempunyai pantangan, makan yang disenangi sayur yang berkuah, sambal dengan tempe goreng.

"Makanan itu, dan minum teh manis yang disukai oleh Mbah Gotho. Beliau seusia itu, masih mau makan sate kambing dan tidak ada masalah," kata Suryanto.

Menurut dia, pesan terakhir Mbah Gotho adalah anak dan cucu agar ikhlas jika Tuhan memanggilnya.

Halaman
123
Editor: Putra
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help