PosKupang/

Saat Biaya Hidup Tinggi, Anda Butuh Empat Strategi Menghemat Pengeluaran

Diperlukan strategi keuangan yang tepat sehingga Anda bisa menikmati setiap tahapan kehidupan dengan penghasilan yang mungkin saja sulit

Saat Biaya Hidup Tinggi, Anda Butuh Empat Strategi Menghemat Pengeluaran
(THINKSTOCKPHOTOS) Kompas.com
Tabungan juga sebaiknya dimiliki oleh pasangan, seperti apapun kesepakatan pengelolaannya. 

POS KUPANG.COM -- Ada berbagai tahap kehidupan yang membuat biaya hidup menjadi tinggi. Misalnya saja punya lebih dari satu anak usia sekolah atau ingin membeli rumah.

Diperlukan strategi keuangan yang tepat sehingga Anda bisa menikmati setiap tahapan kehidupan dengan penghasilan yang mungkin saja sulit ditambah lagi.

1. Punya anak usia sekolah

Seperti halnya harga properti, biaya pendidikan anak juga setiap tahun terus mengalami kenaikan. Bahkan, laju kenaikannya tak sebanding dengan penambahan gaji.

Untuk mencegah rasa takut tak bisa menyekolahkan anak sampai jenjang tertinggi, rencanakan keuangan sedini mungkin. Bahkan bila perlu sejak anak masih di dalam kandungan.

Tentukan target dana pendidikan yang akan dibutuhkan anak kelak sampai sarjana.

Sisihkan uang Anda secara rutin setiap bulan dengan membeli produk investasi jangka panjang yang memberi hasil lebih besar dibanding tabungan atau deposito.

Mencari beasiswa juga bisa menjadi cara untuk meraih pendidikan tinggi tanpa mengeluarkan biaya mahal. Tentu saja syarat utamanya adalah nilai akademik yang baik.

2. Ingin punya rumah
Selain disesuaikan dengan dana yang ada, pastikan Anda membeli rumah yang kira-kira membuat betah sampai 10 tahun mendatang.

Merenovasi rumah atau biaya pindahan bukanlah pengeluaran yang sedikit. Jadi, bila dana terbatas, belilah rumah yang paling mendekati keinginan Anda daripada baru tinggal sebentar sudah ingin pindah.

Halaman
12
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help