PosKupang/

Geser Susi Pudjiastuti, Sri Mulyani Jadi Perempuan 'Paling Berpengaruh' dalam Pemberitaan

Sri Mulyani, Retno Marsudi, dan Susi Pudjiastuti adalah perempuan paling berpengaruh dalam pemberitaan media.

Geser Susi Pudjiastuti, Sri Mulyani Jadi Perempuan 'Paling Berpengaruh' dalam Pemberitaan
capture
Momen Dua Srikandi Kabinet Kerja Jokowi: Gemas, Susi Pudjiastuti Cubit dan Gelitiki Sri Mulyani 

POS KUPANG. COM - Sri Mulyani, Retno Marsudi, dan Susi Pudjiastuti adalah sejumlah pejabat publik perempuan yang dianggap paling berpengaruh dalam pemberitaan media.

Indonesia Indicator yang menganalisis 14 juta pemberitaan dari 1.525 media online satu tahun terakhir, menyebut bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani adalah sosok perempuan yang paling banyak dikutip media dengan jumlah 99.218 kali.

Diikuti oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sosial Khofifah, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, serta Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

"(Mereka) dapat dikatakan pihak yang berpengaruh karena penyataannya disebarluaskan oleh media, dan berpotensi membentuk opini publik," kata mereka dalam hasil risetnya.

Sri Mulyani
Sri Mulyani (bbc.com/indonesia/epa)

Sri Mulyani ditugaskan menjadi Menteri Keuangan Juli lalu, dan sejak itu berjanji untuk memburu mereka yang mencoba menghindari pajak setelah program amnesti pajak berakhir.

"Saya akan mengejar Anda ke mana pun Anda akan pergi dan menyembunyikan aset Anda karena para wajib pajak tidak boleh menghindari dan menyembunyikan pendapatan dan aset mereka dengan mudah dan aman di negara surga pajak tanpa mendapatkan akibat apapun," tegasnya dalam wawancara khusus bersama BBC.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini menggeser Susi Pudjiastuti yang mendapat posisi paling berpengaruh ini tahun lalu.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti banyak disebut sebagai salah satu menteri yang memiliki kinerja baik.
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti banyak disebut sebagai salah satu menteri yang memiliki kinerja baik. (BBC.COM/INDONESIA/Ulet Ifansasti/Getty Images)

Hanya Tujuh Persen

Walau begitu, kontribusi narasumber perempuan dalam pemberitaan amat minim dibanding laki-laki.

Dari berbagai nama yang dikutip media (sekitar 2500), hanya ada 165 nama perempuan. Ini artinya perempuan hanya menempati porsi sebanyak 7% dibandingkan figur pria.

Halaman
12
Editor: agustinus_sape
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help