PosKupang/

Siswi SMATER Podor Larantuka Ikut Pelajaran Pakai Kebaya

Siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Katolik (SMAK) Frateran Podor Larantuka tampil beda pada momet Hari Kartini Jumat (21/4/2017).

Siswi SMATER Podor Larantuka Ikut Pelajaran Pakai Kebaya
POS KUPANG/FELIKS JANGGU
Bersama pendidik, para pelajar SMAK Frateran Podor Larantuka mengenakan kebaya pada peringatan Hari Kartini Jumat (21/4/2017). 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Feliks Janggu

POS KUPANG.COM, LARANTUKA -- Siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Katolik (SMAK) Frateran Podor Larantuka tampil beda pada momet Hari Kartini Jumat (21/4/2017).

Ibu guru dan pelajar putri mengenakan kebaya dan brokat. Guru laki-laki dan pelajar putra mengenakan baju batik.

"Hari ini konsep agak beda. Pelajar putri dan ibu guru pakai kebaya dan brokat. Laki kenakan batik, mereka adalah pendukung," kata Kepala SMAK Frateran Podor Frater Florentinus Minarta Nua, BHK, Jumat (21/4/2017).

Didampingi bagian Humas, Kristianus Ulu, Frater Florentinus mengatakan sekolah sengaja mewajibkan pelajar putri mengenakan kebaya dan brokat untuk menyadarkan mereka tentang nilai keindonesiaan melalui kebaya dan batik.

"Meski kita hidup di jaman modern, kita tidak boleh lupa akan keindonesiaan. Berkebaya ini salah satunya,' kata Florentinus.

Perempuan Indonesia harus 100 persen Indonesia, berwawasan global tetapi berpijak pada kelokalan.

"Mereka harus sadar bahwa mereka setara. Masa depan bangsa ada di pundak mereka. Pria juga harus sadar akan kesetaraan itu," kata Florentinus.

Ia menambahkan, tampilan kebaya dan brokat untuk perempuan, dan batik untuk laki-laki adalah pertama kali digelar SMAK Frateran Podor Larantuka.

"Ide ini disambut baik para pendidik dan siswa. Ada yang foto rame-rame. Mereka bahagia sekali," kata Florentinus.*

Penulis: Felix Janggu
Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help