PosKupang/

Penerapan E-Money Harus Ada Kesiapan SDM

Sudah saatnya orang menggunakan E-Money. Ada tantangan terberat dari hal itu. Ini penjelasan Kepala Bank Indonesia NTT

Penerapan E-Money Harus Ada Kesiapan SDM
Pos Kupang/Yeni Rachmawati
Kepala BI, Tigor Sinaga 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Yeni Rachmawati

POS KUPANG.COM, KUPANG -- E-money merupakan suatu sistem yang baru diterapkan oleh Bank Indonesia yang bekerja sama dengan Bank Mandiri, Angkasa Pura I Bandara El Tari dan Danlanud. SDM menjadi hal utama yang harus disiapkan.

"Kami juga sudah melakukan pendekatan dengan operatornya dalam hal ini bank mandiri untuk segera secara rutin melakukan trainning penggunaan e- money di pintu keluar bandara kepada petugas semua shift. Diharapkan semua petugas yang ada di pintu keluar bandara bisa mengetahuinya," kata Kepala Kantor Perwakilan BI NTT, Naek Tigor Sinaga, ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (19/4/2017).

Terkait penggunaan e-money, kata Tigor, perlu dilakukan sosialisasi dan pemasaran. Dalam waktu dekat ada penjualan e money di bandara.

Jika perlu ada counter-counter khusus untuk penjualan e money di Bandara, sehingga orang bisa dengan mudah melakukan register dan top up e-money.

Dari sisi edukasi kepada masyarakat dan sdm, lanjutnya, pihaknya juga mendorong tenan-tenan, lounge, mini market di Bandara El Tari agar dapat bertransaksi dengan menggunakan e-money.

"Sebenarnya e-money tidak hanya dimiliki Bank mandiri, tapi oleh berbagai bank. Sampai saat ini masih Bank Mandiri tergantung kesiapan. Masih banyak hal-hal yang perlu diperbaiki terkait penggunaan e-money. Ke depan rencananya satu mesin edc bisa dipakai oleh beberapa bank," tuturnya.

E-money adalah kartu yang isinya ada saldo tertentu untuk melakukan pembayaran menggunakan mesin edc. Kita akan upayakan agar sosialisasi ini terus berjalan.

Ke depan kita juga minta bagi instansi yang selalu rutin mobilisasi ke bandara, bisa terapkan e-money," ungkapnya.

Tindaklanjut ada kawasan non tunai di Bandara El Tari yaitu dengan melakukan edukasi agar SDM selalu award terhadap penggunaan e-money. *

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help