PosKupang/

Ini Dia Fakta Menarik Seragam Sekolah Indonesia. Kamu Sudah Tahu?

Maka saat duduk di SMA kita juga harus bisa lebih dewasa dan tenang dalam berpikir.

Ini Dia Fakta Menarik Seragam Sekolah Indonesia. Kamu Sudah Tahu?
cewekbanget.com

POS KUPANG.com - Seragam sekolah selalu kita kenakan saat ke sekolah. Tapi, tahukah kita tentang sejarah dan arti dari seragam sekolah? Berikut 7 fakta menarik seragam sekolah Indonesia yang mungkin belum pernah kita tahu.

Awal munculnya seragam sekolah

Seragam sekolah mulai muncul pada abad ke-16 di Inggris. Seragam sekolah punya fungsi untuk mempromosikan kesetaraan sosial di kalangan siswa dan menunjukkan identitas sekolah. Praktik ini kemudian dilakukan di negara-negara lain, begitu juga di Indonesia.

Pakaian wajib pelajar

Di Indonesia, seragam sekolah wajib dikenakan oleh setiap pelajar mulai dari SD, SMP dan SMA. Dan, tiap tingkat pendidikan punya seragam yang berbeda-beda. Bisa dilihat dari warna seragam.

Makna warna seragam putih-merah Sekolah Dasar

Berenergi dan penuh semangat! Warna merah memang identik dengan keberanian. Tapi, untuk seragam sekolah Indonesia, warna ini berarti energy dan semangat tinggi. Cocok banget mencerminkan sifat anak-anak SD yang semangat dan selalu ceria. Warna ini diharapkan dapat mendorong semangat kepada anak-anak kecil untuk bersekolah.

Seragam Merah Putih
Seragam Merah Putih ()

(foto: tribunnews.com)

Makna warna seragam putih-biru Sekolah Menengah Pertama

Berkomunikasi dengan percaya diri! Ini dia makna yang ingin disampaikan dari warna seragam putih-biru SMP. Usia saat SMP bisa dibilang usia tanggung yaitu anak kecil yang menuju remaja. Dan, rasa percaya diri diperlukan di sini. Momen jadi anak SMP juga momen untuk belajar berkomunikasi dan bersosialisasi dengan lebih banyak orang.

Halaman
12
Editor: imam hidayat
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help