Kapal Cruise yang ke Komodo Tidak Bisa Sandar di Dermaga

Kapal pesiar dari luar negeri banyak datang ke Labuan Bajo. Apa masalah yang ada di Labuan Bajo saat ini?

Kapal Cruise yang ke Komodo Tidak Bisa Sandar di Dermaga
ARSIP SYAHBANDAR LABUAN BAJO
Kapal pesiar MV Black Watch berlabuh di Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (13/3/2017). 

Laporan wartawan Pos Kupang, Servan Mammilianus

POS KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Kapal Pesiar Cruise yang membawa ribuan wisatawan ke Pulau Komodo selama ini, tidak bisa sandar di dermaga pelabuhan di pulau itu karena ukuran dermaganya kecil.

Para wisatawan dari sejumlah negara itu terpaksa harus menggunakan spead boat ke Pulau Komodo karena Kapal Cruise yang mereka gunakan berlabuh cukup jauh dari pulau terkenal itu.

"Kapal cruise tidak bisa sandar di dermaga Pulau Komodo karena ukuran dermaganya hanya sekitar 100 meter. Sementara ukuran kapal cruise berkisar antara 150 meter sampai 294 meter. Sehingga kapal cruise hanya berlabuh dan para wisatawan menggunaka spead boat menuju Pulau Komodo dari kapal cruise," kata Kepala Syahbandar Labuan Bajo, Usman Husin kepada poskupang.com, Rabu (19/4/2017).

Dijelaskannya, kewenangan untuk memperlebar atau memperpanjang dermaga di Pulau Komodo itu ada di Balai Taman Nasional Komodo (BTNK). (*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help