Makan Nanas Bisa Bikin Keguguran, Benarkah?

Nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan A yang baik untuk tubuh sebagai antioksidan. Selain itu nanas juga mengandung kalium, magnesium dan

Makan Nanas Bisa Bikin Keguguran, Benarkah?
Lima Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan 

POS KUPANG.COM -- Wanita yang mengalami kehamilan pastinya sering mendengar larangan untuk “jangan mengkonsumsi nanas”. Hal ini terjadi akibat banyak mitos yang melarang wanita hamil mengkonsumsi buah nanas, yang berbahaya dan dapat memicu keguguran. Namun apakah benar nanas dapat menyebabkan keguguran? Jika iya apa penyebabnya untuk wanita hamil.

Nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan A yang baik untuk tubuh sebagai antioksidan. Selain itu nanas juga mengandung kalium, magnesium dan enzim bromelian yang dapat mencegah kanker dan melunakan peredaran makanan yang terjadi pada lambung sehingga mempelancar pencernaan.

Manfaat lainnya dari enzim bromelain adalah membantu kesehatan jantung dan anti koagulan yang terdapat pada enzim ini dapat mengurangi terjadinya pembekuan pada pembuluh darah.

Enzim bromelain juga berperan sebagai anti imflamasi yang dapat menghilangkan lendir pada saluran pernafasan. Namun kandungan enzim bromelain pada buah nanas bisa menjadi abortivum yang dapat menyebabkan keguguran pada kandungan kita. Hal inilah yang selama ini membuat banyak orang melarang ibu yang mengandung mengkonsumsi buah nanas.

Maka dengan adanya enzim bromelain ini wanita hamil tidak dapat mengkonsumsi buah nanas terlalu banyak. Karena enzim bromelain mirip dengan enzim papain yang terdapat dalam buah papaya. Enzim ini mengakibatkan leher Rahim lemah serta berkontraksi dan terjadi keguguran. Maka saat kita hamil konsumsilah nanas seperlunya dan jangan berlebihan.

Hindari pula mengkonsumsi nanas yang masih muda karena nanas muda mengandung enzim bromelain yang sangat besar. Jika ingin tetap mengkonsumsi nanas, kita bisa mengolahnya terlebih dahulu sehingga enzim bromelain dapat hancur. Namun lebih baik lagi jika kita konsultasi di dokter kandungan mengenai efek apa yang terjadi saat mengkonsumsi buah nanas. ( http://www.solusisehatku.com/Intisari)

Editor: alfred_dama
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help