PosKupang/
Home »

Bisnis

» Mikro

Wow, Nikmatnya Seruput Kopi Valdano Arabika Flores. Mau Pesan, Ini Alamatnya di Kupang

Hadirnya Kopi Valdano Arabika Flores, menambah varian melengkapi jenis kopi nusantara yang dihadirkan di cafe-cafe.

Wow, Nikmatnya Seruput Kopi Valdano Arabika Flores. Mau Pesan, Ini Alamatnya di Kupang
ISTIMEWA
Kopi Valdano

- Laporan Wartawan Pos Kupang, Benny Dasman

POS KUPANG.COM, KUPANG-Anda penikmat kopi? Kini tak perlu jauh-jauh ke Flores untuk menikmati kopi arabika-nya yang memanjakan lidah itu.

Anda dapat membelinya di supermarket-supermarket di Kupang dan Atambua dengan brand Kopi Valdano Arabika Flores. Memiliki cita rasa kopi khas NTT. Diproduksi di Kupang, Jalan Timor Raya, Kilometer 10 Oesapa-Kupang.

Hadirnya Kopi Valdano Arabika Flores, menambah varian melengkapi jenis kopi nusantara yang dihadirkan di cafe-cafe.

"Setiap jenis memiliki cita rasa kopi yang khas. Kami mencoba menghadirkan cita rasa beda itu melalui Kopi Valdano Premium untuk pelanggan," ujar Fredianus Valdano, Owner Top Food Grade, yang memproduksi Kopi Valdano Premium (Flores Arabica Coffee), di Kupang, Jumat (31/3/2017) lalu.

Fredianus menyebut salah satu proses penting untuk menghasilkan Kopi Valdano berkualitas tinggi adalah bagaimana proses pengolahan buah kopi hingga menjadi green bean berkualitas super sesuai standar ekspor.

"Kematangan biji kopi harus 100 persen dan dipetik menggunakan standar ekspor," ujarnya. Selain itu, melakukan proses penjemuran biji kopi selama kurang lebih 8 jam sampai kadar air 12-13% sesuai dengan standarisasi ekspor.

Setelah biji kopi kering, maka tahap selanjutnya adalah proses "huller" atau pemisahan kulit tanduk dengan green bean.

"Setelah proses huller selesai, kita sudah mendapatkan green bean, lalu kita melakukan proses sorting green bean sesuai dengan grade yang kita inginkan. Dengan cara ini kita mendapatkan sari kopi berkualitas, pahit dan keras sekali. Difermentasi beberapa kali. Itulah proses awal Kopi Valdano Premium," terang Fredianus.

Menurutnya, Kopi Valdano Arabika Flores diproses secara higienis, berstandar internasional melalui berbagai proses dari biji kopi pilihan. Memiliki komponen rasa utama bau kopi bubuk kering, bau kopi seduhan dengan aroma khas dan perasa yang enak dan kuat. Kekentalan tersedia dari sedang hingga kental.

"Jika selama ini konsumen susah menemukan kualitas kopi yang konsisten, kami bisa menjawab dan memberikan solusi untuk Anda melalui Kopi Valdano Arabika Flores," terang Fredianus yang saat ini memproduksi dua varian kopi, yakni Kopi Valdano Premium (Flores Arabica Coffee) dan Kopi Valdano Mantap.

Fredianus mengagendakan memperluas pangsa pasar Kopi Valdano Premium dan Kopi Valdano Mantap ke Pulau Jawa dan Bali. "Saat ini kita sedang berupaya untuk merambah seluruh NTT," pungkas Fredianus yang saat ini memproduksi bubuk kopi 100 kilogram setiap hari.  Anda berminat? Silakan menghubungi Fredianus (082 145 223 333) *

Penulis: benny_dasman
Editor: benny_dasman
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help