Orangtua Tidak Setuju dengan Pasangan Anda? Ini Solusinya

Ketika orang yang Anda sayangi tidak suka dan tidak setuju dengan pasangan yang Anda pilih, tentu rasanya akan sakit sekali. Apalagi bila orang yang A

Orangtua Tidak Setuju dengan Pasangan Anda? Ini Solusinya
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

POS KUPANG.COM -- Ketika orang yang Anda sayangi tidak suka dan tidak setuju dengan pasangan yang Anda pilih, tentu rasanya akan sakit sekali. Apalagi bila orang yang Anda sayangi tersebut adalah keluarga sendiri.

Tina B Tessina yang biasa disebut Dr Romance berkata bahwa ada dua kemungkinan yang bisa menjadi penyebab konflik ini, yaitu keluarga yang negatif atau pasangan Anda yang bermasalah.

Untuk menyelesaikannya, para pakar hubungan menyarankan Anda untuk melakukan tiga hal di bawah ini:

1. Bicarakan dengan orangtua

Pertama, bicarakan dengan orangtua dan cari akar permasalahannya. Apakah orangtua tidak suka karena pasangan terlihat  tidak mampu bertanggung jawab? Atau karena mereka belum siap untuk melihat Anda mandiri?

2. Timbang kembali dinamika hubungan Anda

Tidak ada yang salah dengan memberitahu orangtua bahwa mereka perlu menghargai pilihan hidup Anda. Namun, perhatikan juga alasan mereka tidak menyetujui hubungan Anda dan dia.

Terutama bila pasangan ternyata menganggu dan membatasi hubungan Anda dengan keluarga, psikolog Nikki Martinez menyarankan Anda untuk berpikir ulang mengenai keputusan Anda untuk menghabiskan hidup dengan si dia.

3. Pegang komitmen Anda

Ingat bahwa ketika Anda memilih si dia, Anda telah berkomitmen untuk selalu bersama dengannya.

Untuk itu, ketika orangtua mengancam akan memutus hubungan dengan Anda, psikolog Marie Hartwell-Walker berkata bahwa Anda harus tetap bertanggung jawab pada pasangan.

“Orangtua biasanya tidak akan mau kehilangan Anda dan sebaliknya. Namun, bila hal tersebut memang terjadi, semoga mereka dapat mengerti setelah melihat betapa kuatnya komitmen Anda pada pasangan,” katanya. (Shierine Wangsa Wibawa/PSYCHCENTRAL, bustle.com)

Editor: Alfred Dama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved