Konflik Agama Bukan karena Persoalan Agama, Ini Jawabannya Menurut Romo Maxi Un Bria

Konflik agama bukan karena persoalan agama tetapi soal penguasaan sumber daya alam.

Konflik Agama Bukan karena Persoalan Agama, Ini Jawabannya Menurut Romo Maxi Un Bria
ISTIMEWA
Romo Maxi Un Bria 

- Laporan Wartawan Pos Kupang, Benny Dasman

POS KUPANG.COM, KUPANG-Kementerian Agama Kota Kupang menggelar dialog tokoh agama di Aula FKUB NTT, Jalan El Tari Kupang, Sabtu (25/3/2017).

Narasumber Rm Maxi Un Bria, mengupas materi bertajuk, "Strategi Komunikasi dalam Membangun Kerukunan Umat Beragama," memberi solusi merawat kerukunan dengan memperbanyak dialog (lintas budaya) dalam pelbagai tingkatan dan umur. Hal ini dimaksudkan untuk membangun rasa aman dalam perbedaan sebagai suatu kebutuhan.

Selain itu, mempererat nilai-nilai keberasamaan dengan menggelar aneka kegiatan yang bersifat lintas agama berupa seni budaya, kegiatan lingkungan dan kegiatan lainnya. "Jadi, ada integritas pelayanan, merawat kerukunan mulai dari hal-hal kecil di sekitar kita," tegas Romo Maxi.

Menurutnya, konflik agama bukan karena persoalan agama tetapi soal penguasaan sumber daya alam. Alasan untuk konflik agama apapun sama sekali bukan bicara tentang Tuhan yang damai, adil, dan penuh cinta, melainkan semata-mata kepentingan ekonomi dan politik yang hanya membungkusnya dengan label agama.

"Dan, jelas bahwa tujuan akhirnya adalah penguasaan wilayah dan sumber alam, termasuk tenaga kerja murah dari orang-orang yang mudah dibodohi dan patuh diperintah apapun dengan atas nama agama," tegasnya. *

Penulis: Benny Dasman
Editor: Benny Dasman
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help