VIDEO: RSUD Umbu Rara Meha Manfaatkan Group WA dan Facebook Cari Pendonor Darah

Darah merupakan persoalan paling serius dihadapi oleh sejumlah rumah sakit di Waingapu, Sumba Timur saat ini.

Laporan wartawan Pos Kupang, John Taena

POS KUPANG.COM, WAINGAPU -- Darah merupakan persoalan paling serius dihadapi oleh sejumlah rumah sakit di Waingapu, Sumba Timur saat ini.

Pasalnya selama periode Januari hingga Maret 2017, tercatat 46 pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah itu.

RSUD Umbu Rara Meha merupakan salah satu dari tiga rumah sekit di daerah itu yang selalu mengalami kekurangan darah.

Memanfaatkan gruop WhatsApp (WA) dan Facebook merupakan salah satu langkah yang ditempuh pihak menejemen dalam upaya memenuhi kebutuhan darah segar.

"Biasanya kalau ada pasien seperti itu kita meminta bantuan keluarga. Kita juga memanfaatkan sarana-sarana yang ada misalnya group WA dan Facebook untuk mencari darah," jelas Direktur RSUD Umbu Rara Meha, dr. Lely Harakai di Waingapapu.

Meskipun menejemen RSUD memikliki databes para pendonor aktif, terangnya, namun hal itu tidak bisa menutupi pemrmintaan kebutuhan darah yang tergolong tinggi. Selain itu jikalau terjadi perintaan darah yang mendesek, pihak RSUD Umbu Rara Meha akan berusaha memenuhi.

Dikatakannya, "Selama ini kalau permintaan atau kebutuhan darah, itu kita berusaha dengan jalur yang ada. Kita berupaya semaksimal mungkin untuk bisa dapat. Tapi apakah itu akan tetap mendapatkan darah saat menghadapi lonjakan kasus seperti yang sekarang, itu kita tidak menjamin." *

Penulis: John Taena
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved