Pemecatan Tenaga Medis, Bupati Manggarai Timur Tidak Pikir, Itu Kebijakan Dinkes

Sejumlah tenaga medis melakukan protes dan menuntut apa alasan mereka dipecat dari tenaga harian lepas (THL) tahun 2017. Ini jawaban bupati.

Pemecatan Tenaga Medis, Bupati Manggarai Timur Tidak Pikir, Itu Kebijakan Dinkes
pos kupang/robert ropo
Bupati Manggarai Timur, Drs. Yoseph Tote 

POS KUPANG.COM, BORONG -- Sejumlah tenaga medis yang dipecat dari tenaga harian lepas (THL) tahun 2017 melakukan demonstrasi ke Kantor Bupati Manggarai Timur di Borong.

Mereka melakukan protes dan menuntut apa alasan mereka dipecat dari tenaga harian lepas (THL) tahun 2017.

Bupati Manggarai Timur, Drs. Yoseph Tote yang dimintai tanggapannya, mengatakan, itu kebijakan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Matim, bukan kebijakan dari bupati.

"Saya tidak terlalu berpikir soal demo mereka, demo alasannya apa? Kalau kebijakan THL itu pertama operasional dan kewenangan ada di SKPD masing-masing, yakni di Dinkes, bukan di Bupati", ungkap Bupati Tote ketika dikonfirmasi Pos Kupang di ruang kerjanya, Kamis (23/3/2017).

Bupati Tote mengatakan, kepimpinan di Dinkes Matim selama ini menuai masalah, sehingga menggantikan dokter Surip Tintin sebagai sekertaris Dinkes.

Kemudian dilakukan pengecekan kembali bagi semua tenaga medis yang berstatus THL, apa benar tidak mereka tersebut berada di lapangan selama ini, maka kebijakan dilakukan tes atau seleksi kembali.

"Masa orang yang tinggal di Labuan Bajo, di Ruteng, atau dari Bejawa gaji hanya hidup dengan 1.250 ribu bawa dengan anak istri tinggal di sini, mau makan minum apa?," kata Bupati.

"Lebih baik terima tenaga medis baik bidan atau perawat di tempat asal mulanya yang penting sesuai latar belakang kompetensi yang dibutuhkan karena kita tahu di situ ada rumah keluarganya atau rumah orang tuanya. Maka tugas yang ia jalankan lebih konsentrasi melaksanakan tugas yang profesional," kata Tote. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: omdsmy_novemy_leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved