Proyek Dua Unit Embung Dinas TPH Belu Tahun 2016 Gagal Tender

Pada tahun 2016, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Belu memiliki program pembangunan empat unit embung.

Proyek Dua Unit Embung Dinas TPH Belu Tahun 2016 Gagal Tender
POS KUPANG/JUMAL HAUTEAS
Ilustrasi Embung 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Edy Bau

POS KUPANG.COM, ATAMBUA -- Pada tahun 2016, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Belu memiliki program pembangunan empat unit embung.

Namun dari empat embung ini, hanya dua unit yang dibangun, sedangkan dua unit lainnya tidak dibangun karena gagal tender.

Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian, Dinas TPHP Belu, Robert Mali ketika ditemui Pos Kupang, Senin (20/3/2017) mengatakan, dua embung yang gagal tender adalah embung yang akan dibangun di Desa Manleten, Kecamatan Tasifeto Timur dan di Desa Fatuba'a.

"Dua yang jadi itu di Lamaknen dan Bakustulama," ungkapnya.
Mengenai penyebab gagal tender, Robert menjelaskan, program yang bersumber dana dari Dana DAK tersebut dalam proses lelangnya terjadi sanggahan dari peserta sehingga setelah diselesaikan, ternyata waktunya sudah tidak cukup lagi.

"Dalam prosesnya, ada yang sanggahan, Dan setelah diselesaikan ternyata tidak cukup waktu lagi," jelasnya.

Embung yang gagal tender tersebut, lanjutnya, berukuran 40 x 60 meter dengan pagu anggaran Rp 480 an juta. Dia mengklarifikasi bahwa program pembangunan embung bukan saja di Dinas TPHP tapi ada juga di Dinas Lingkungan Hidup, kehutanan dan Dinas Ketahanan pangan.*

Penulis: Frederikus Riyanto Bau
Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help