PosKupang/

Jangan Ada Noda di Kemeja Anda Saat Wawancara Kerja, Mengapa?

Tidak sedikit yang merasa bingung untuk memilih pakaian seperti apa yang pantas digunakan saat wawancara kerja

Jangan Ada Noda di Kemeja Anda Saat Wawancara Kerja, Mengapa?

POS KUPANG.COM -- Saat melakukan wawancara kerja, kesan pertama merupakan hal yang sangat penting. Oleh sebab itu, pada saat inilah banyak orang yang tampil rapi dan bersih untuk memberikan kesan terbaik.

Namun, tidak sedikit yang merasa bingung untuk memilih pakaian seperti apa yang pantas digunakan saat wawancara kerja. Apakah menggunakan kemeja saja sudah cukup atau harus ditambah dasi serta blazer agar terkesan lebih rapi?

Sebenarnya, kemeja yang rapi dan tidak kusut sudah mencukupi syarat Anda untuk tampil rapi, tetapi jika Anda melamar ke perusahaan seperti bank, tentu penambahan dasi dan blazer akan menjadi nilai plus.

Anda juga harus memperhatikan jenis kemeja yang dikenakan. Jangan sampai Anda menggunakan kemeja tangan pendek atau kemeja kasual. Pilihlah kemeja lengan panjang dan formal.

Warna pakaian saat wawancara kerja juga memiliki arti yang berbeda. Abu-abu, biru navy, dan putih biasa dipilih para pencari kerja.

Warna abu-abu mempunyai arti Anda merupakan orang yang serius dan bertanggung jawab. Warna biru navy menggambarkan kepercayaan, kejujuran, dan kredibilitas. Sedangkan warna putih mengandung arti transparansi dan apa adanya.

Oleh sebab itu, ketiga warna tersebut menjadi warna kemeja favorit para pencari kerja untuk meyakinkan pewawancara. Tak hanya kemeja, Anda juga tidak boleh sembarangan memilih bawahan.

Kenakan celana atau rok berbahan kain yang cukup formal. Padu padankan warna kemeja dan bawahan Anda agar tampak serasi dan modis.

Terakhir, yang menjadi perhatian adalah riasan. Bagi Anda kaum perempuan jangan sekali-kali menggunakan riasan seperti akan datang ke pesta. Cukup riasan natural, tetapi tetap menampilkan pribadi Anda, akan memberikan nilai lebih dari calon atasan.

Namun, ketika Anda sudah menyiapkan diri serta berpenampilan rapi dengan pakaian terbaik untuk wawancara kerja, tiba-tiba saja insiden kecil menghampiri. Saat menunggu waktu wawancara, Anda ingin menenangkan diri dengan secangkir kopi hangat di sebuah kafe, tetapi tanpa sengaja kopi tumpah di bagian depan kemeja.

Halaman
12
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help