PosKupang/

Solusi Masalah Listrik di Pedalaman Sumba Timur

Kincir angin merupakan salah satu dari sekian banyak potensi alam yang ada untuk memenuhi kebutuhan listrik warga di pedalaman Sumba Timur. Ratusan ke

Solusi Masalah Listrik di Pedalaman Sumba Timur
POS KUPANG/JOHN TAENA
Pembangkit listrik tenaga angin di Dusun Tanarara, Desa Maubokul, Kecamatan Pandawai, Sumba Timur. Minggu (19/3/2017) 

Laporan wartawan Pos Kupang, John Taena

POS KUPANG.COM,WAINGAPU -- Kincir angin merupakan salah satu dari sekian banyak potensi alam yang ada untuk memenuhi kebutuhan listrik warga di pedalaman Sumba Timur. Ratusan kepala keluarga Dusun Tanarara, Desa Maubokul, Kecamatan Pandawai merupakan salah satu contohnya.

"Dulu sejak kami kecil itu biasanya pakai lampu pelita. Kalau mau bilang rindu untuk pakai listrik, ya, memang seperti itu. Sekarang sudah empat tahun kami di sini pakai listrik tenaga bayu," demikian mantan kepala desa setempat, Meta Tanggu Humba, Minggu (19/3/2017).

Kepada wartawan, Humba menjelaskan, sedikitnya terdapat 300 jiwa dari 80 lebih kepala keluarga (KK), di lokasi itu telah menikmati penerangan listrik. Hal ini berkat pembangunan pembangkit listrik tenaga angin di lokasi itu oleh pihak Pertamina pada empat tahun 2013 silam.

Pembankit listrik tenaga angin tersebut merupakan salah satu Program Kegiatan Bina Lingkungan (PKBL) Pertamina. Program tersebut dilaksakan atas kerja sama pihak PERTAMINA dan Yayasan Institut Bisnis Ekonomi Kerakyatan (IBEKA).

"Program Kegiatan Bina Lingkungan (PKBL) Pertamina, dan dikerjakan oleh Yayasan IBEKA (Institut Bisnis Ekonomi Kerakyatan,red) waktu itu," tandasnya.*

Penulis: John Taena
Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help