PosKupang/

Mau Tahu Arti Warna Paspor?

Merah adalah warna yang paling lazim digunakan. Warna ini biasanya dipilih negara-negara yang memiliki sejarah atau menganut sistem komunis.

Mau Tahu Arti Warna Paspor?
KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTERA
Fisik paspor seri B yang baru saja diedarkan di DKI Jakarta, hari ini, Kamis (27/11/2014). 

POS KUPANG.COM - - Tahukah Anda hanya ada empat warna paspor di dunia? Mungkin Anda berpikir warna paspor murni hanya untuk nilai estetika, tapi Anda salah.

Ternyata tiap negara punya alasan spesifik dalam memilih salah satu dari empat warna untuk paspor mereka.

Jadi, apa saja warna dan artinya?

Merah

Merah adalah warna yang paling lazim digunakan. Warna ini biasanya dipilih negara-negara yang memiliki sejarah atau menganut sistem komunis. Warga Slovenia, Serbia, Latvia, Romania, China, Rusia, Polandia dan Georgia memiliki paspor warna merah.

Selain itu, warna ini juga dipakai negara anggota Uni Eropa, kecuali Kroasia.

Negara-negara yang tertarik bergabung dengan Uni Eropa, termasuk Turki, Macedonia dan Albania juga mengganti warna paspor menjadi merah beberapa tahun silam.

Negara lain yang memilih merah adalah Bolivia, Kolombia, Ekuador dan Peru.

Biru

Biru adalah warna kedua yang paling banyak digunakan untuk paspor. Biru menyimbolkan "dunia baru" dan warna ini dipakai 15 negara Karibia. Negara-negara di Amerika Selatan, seperti Brasil, Argentina dan Paraguay juga menggunakan paspor biru, sampulnya menyimbolkan hubungan dengan Mercosur, organisasi negara-negara Amerika Selatan.

Halaman
12
Editor: Ferry_Ndoen
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help