PosKupang/

Kepala Kanwil Kemkumham NTT Dilantik, Fokus pada Pengurusan Dokumen bagi TKI

Jabatan Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi NTT diserahterimakan kepada Muhammad Diah, Senin (20/3/2017). Inilah yang akan menjadi fokus perhatiannya.

Kepala Kanwil Kemkumham NTT Dilantik, Fokus pada Pengurusan Dokumen bagi TKI
pos kupang/apolonia metil dhiu
Muhammad Diah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Apolonia Matilde Dhiu

POS KUPANG.COM, KUPANG -Jabatan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi NTT diserahterimakan dari pejabat lama, Drs. Alif Suadi, M. Si kepada pejabat baru, Muhammad Diah, SH, MH di kantor tersebut, Senin (20/3/2017).

Muhammad Diah bertekad akan memfokuskan perhatian kepada para TKI di NTT yang akan mengurus dokumen untuk bekerja di luar negeri.

Ia juga segera melakukan pertemuan internal agar segera melanjutkan pekerjaan yang selama ini belum dilakukan.

Diah mengatakan, ia akan menyelesaikan pekerjaan yang ditinggalkan pejabat lama.

Selain itu, katanya, NTT adalah salah satu kantong tenaga kerja Indonesia (TKI), sehingga bersama dengan jajaran di Kumham di NTT, Kantor Imigrasi, Pelayanan Masyarakat (Lapas), para TKI bisa mendapatkan dokumen perjalanan ke luar negeri secara legal.

Muhammad Diah, Kepala Kantor Kemkumham NTT.
Muhammad Diah, Kepala Kantor Kemkumham NTT. (pos kupang/apolonia metil dhiu)

Sekarang, katanya, pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Imigrasi sedang gencar melakukan perlindungan terhadap warga negara di seluruh Indonesia.

"Perlindungan terhadap WNI yang ke luar negeri berpotensi terjadinya perdagangan manusia, tindak pidana perdagangan orang, dan ini bagian dari perhatian saya," kata Diah.

Dikatakanya, saat ini sudah ada surat edaran dari Dirjen Imigrasi untuk semua jajaran Kemenkumham melaksanakan lebih cermat, teliti dan hati-hati khususnya bagi usia potensi untuk bekerja yang melakukan modus operandi perjalanan wisata, kujungan keluarga dan sebagainya yang status sosial dan pekerjaanya meragukan.

Dengan demikian, masyarakat tidak menjadi korban dan mereka betul-betul terlindungi dan dapat memberikan jaminan bagi mereka di luar negeri.

Melakukan kerja sama dengan berbagai instansi di NTT khususnya berkaitan dengan Kemenkumham.

Terkait pembangunan Kantor Imigrasi , kondisi Kemenkumham saat ini dan kantor Imigrasi banyak kekurangan, terkait anggaran penbangunan kantor baru.

Ada beberapa terobosan yang akan dilakukan seperti bersinergi dengan pemda, menggali potensi daerah khsusnya bupati yang ingin masyaraknya mendapatkan pelayanan keimigrasian, baik sarana prasarana maupun SDM agar bisa melaksanakan pembangunan kantor imigrasi di daearh. (*)

Penulis: apolonia_m_dhiu
Editor: agustinus_sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help