PosKupang/

Pilgub NTT

Ikut Plgub NTT Hyron Fernandez Sebut Pendamping dari Sumba, Siapa Orangnya?

Untuk memuluskan langkahnya, bersama tim relawan akan bekerja maksimal dengan menjajaki masuk melalui jalur independen.

Ikut Plgub NTT Hyron Fernandez Sebut Pendamping dari Sumba, Siapa Orangnya?
ISTIMEWA
Hyron Fernandez 

POS KUPANG.COM, KUPANG -Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) NTT, Dr. dr. Hyronimus Fernandez, M.Kes, secara resmi mendeklarasikan diri untuk maju menjadi bakal calon (balon) Gubernur NTT 2018. Bakal calon wakil saat ini tengah dijajaki salah satu figur dengan latar belakang TNI berasal dari Sumba.

Untuk memuluskan langkahnya, bersama tim relawan akan bekerja maksimal dengan menjajaki masuk melalui jalur independen. Motivasinya, karena sesuai hasil survei peneliti, Eep Saefulah, sosok ini menempati posisi tertinggi elektabilitasnya dari semua figur yang dimunculkan saat ini.

Hyronimus Fernandez, saat deklarasi di "Rumah Pegangsaan" di Kota Baru, Kupang, Sabtu (18/3/2017), mengatakan, keinginan untuk maju menjadi calon gubernur NTT 2018 ini merupakan panggilan nurani untuk mengabdi secara paripurna pada warga NTT.

Selama ini, katanya, NTT terbelenggu dalam dua persoalan yang tidak pernah terselesaikan, yakni kemiskinan dan budaya korupsi. Untuk itu, sebagai aparatur negara yang sudah mengabdikan diri selama 32 tahun, ia terpanggil untuk menyumbangkan pikiran bagi kemajuan daerah ini.

Menurutnya, sebagai figur non partai politik tentu salah satu jalan adalah melalui jalur independen. Untuk itu, deklarasi ini dimaksudkan untuk menunjukan kepada warga NTT bisa mengetahui, mengenal untuk mengambil sikap memilihnya sebagai abdi mereka sebagai gubernur mendatang.

"Saya bersama tim relawan sudah membangun jejaring hingga ke desa-desa. Saya berani maju, karena saya mendapat kekuatan dan peneguhan dari mereka yang menginginkan perubahan di NTT. Kenapa saya pilih independen karena saya sekarang ASN aktif yang tidak boleh menjadi anggota atau pengurus partai. Tapi kalau nanti ada parpol yang bersedia dilamar, tentu harapan saya tanpa mahar dan secara ideologis tidak bertentangan dengan ideologi yang diamalkan ASN. Tidak menutup kemungkinan untuk bargendangan tangan," katanya.

Ditanya soal bakal calon wakil gubernur yang mendampinginya, ia mengatakan, ada beberapa yang sudah dikomunikasikan. Tetapi komunikasi mengerucut pada salah satu sosok intelektual militer aktif TNI berasal dari Sumba. Untuk sementara ini, katanya, belum bisa menyebut namanya tetapi ketika figur ini menyatakan kesiapan setelah mengambil sikap pensiun pada Juni 2017 mendatang, akan diumumkan secara terbuka kepada publik.

Anggota tim relawan, Marianus Kleden menambahkan, keinginan Hyronimus maju pada pentas politik Pilgub NTT ini karena berdasarkan survei sosok ini memiliki elektabilitas tinggi disusul Dr. Ayub Titu Eki. Untuk itu, katanya, sangat pantas jika figur ini didukung untuk bersaing pada pilgub mendatang.

Mantan Wakil Gubernur NTT, Drs. Yohanes Pake Pani, memberikan apresiasi kepada Hyronimus Fernandez yang punya keinginan kuat untuk maju pada Pilgub NTT. Dirinya menilai, sosok ini pantas untuk maju karena memiliki pengalaman yang cukup baik di jajaran pemerintahan. Walau diakuinya pada ajang politik ini ada dua pilihan untuk maju yakni melalui partai politik dan jalur independen, tetapi dengan jejaring yang sudah dibangun, dia meyakini dukungan akan datang. (yon)

Penulis: Edy Hayon
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help