Romo Ruby Terpilih Menjadi Uskup Baru Keuskupan Agung Semarang, Netizen Ungkap Kelebihannya

Romo Ruby dipilih Gereja Katolik Roma menjadi uskup baru Keuskupan Agung Semarang. Inilah tanggapan para netizen.

Romo Ruby Terpilih Menjadi Uskup Baru Keuskupan Agung Semarang, Netizen Ungkap Kelebihannya
hidupkatolik
Romo Robertus Rubyatmoko (kanan)

POS KUPANG. COM, VATIKAN - Pada hari Sabtu tanggal 18 Maret 2017, Vatikan telah mengumumkan dengan resmi penunjukan uskup baru untuk Keuskupan Agung Semarang (KAS).

Pengumuman itu dilakukan Paus Fransiskus melalui siaran resmi yang dilansir Radio Vatikan berbasis di Roma pada Sabtu petang pukul 18.00 WIB, sebagaimana dilansir dari laman www.sesawi.net.

Yang ditunjuk menjadi Uskup baru Keuskupan Agung Semarang adalah Pastor Dr. Robertus Rubiyatmoko, dosen Moral dan Hukum Gereja Fakultas Teologi Wedabhakti Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sebagai dosen dan formator untuk para frater diosesan KAS dan beberapa frater diosesan titipan dari KAJ dan Keuskupan Purwokerto, Pastor Robertus Rubiyatmoko tinggal di Seminari Tinggi St. Paulus Kentungan Jl. Kaliurang Km 8, Yogyakarta.

Pastor Ruby –demikian dia biasa disapa oleh teman-teman angkatan di seminari—adalah alumnus Seminari Mertoyudan tahun masuk 1980. Ia adalah teman seangkatan Pastor FX Sukendar, Vikjen sekaligus Administrator Diosesan KAS sekarang.

Surat Keputusan Vatikan tentang Pengangkatan Uskup Agung Semarang yang baru, yakni Pastor Dr. Robertus Rubiyatmoko
Surat Keputusan Vatikan tentang Pengangkatan Uskup Agung Semarang yang baru, yakni Pastor Dr. Robertus Rubiyatmoko (facebook/Cvherenhasr)

Situs berbahasa Italia www.unigre.it menyerbutkan, Uskup baru KAS ini lahir di Yogyakarta tahun 1963. Usai menyelesaikan pendidikan tahun rohani sebagai calon frater diosesan KAS di Seminari Tahun Rohani KAS di Wisma Jangli Semarang tahun 1984-1985, ia melanjutkan pendidikan belajar filsafat dan teologi di Fakultas Wedabhakti Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dan tinggal di Seminari Tinggi St. Paulus Kentungan Yogyakarta.

Pada tahun 1992, Pastor Robertus Rubiyatmoko Pr menerima tahbisan imamatnya dari tangan Uskup Keuskupan Agung Semarang waktu itu: Julius Kardinal Darmaatmadja SJ.

Beberapa waktu lamanya sempat menjadi pastor paroki –antara lain di Gereja St. Maria Assumpta Klaten—Pastor Robertus Rubiyatmoko ditugaskan oleh Uskup KAS waktu itu yakni Mgr. Ignatius Suharyo, untuk belajar Hukum Gereja di Universitas Gregoriana di Roma hingga akhirnya meraih gelar doktor.

Sepulang dari Roma, Pastor Rubiyatmoko ditugaskan Uskup KAS menjadi dosen moral dan Hukum Gereja di Fakultas Teologi Wedabhakti USD dan menjadi tenaga pendidik (formator) untuk para frater diosesan (KAS, KAJ, KP) di Asrama Seminari Tinggi St. Paulus Kentungan, Yogyakarta.

Tanggapan Netizen

Romo Ruby yang terpilih menjadi Uskup Agung Semarang.
Romo Ruby yang terpilih menjadi Uskup Agung Semarang. (facebook/cvherenhasr)
Halaman
123
Penulis: Agustinus Sape
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help