PosKupang/

Manager Kopkardios: Kami Akan Prioritas Matim dan Mabar

Manajer Koperasi Karyawan Dioses (Kopkardios) Ruteng, Paulus J.Faran mengaku Kopkardios Ruteng akan memprioritas Kabupaten Manggarai Timur (Matim) dan

Manager Kopkardios: Kami Akan Prioritas Matim dan Mabar
POS KUPANG/Aris Ninu
Koperasi Karyawan Dioses Ruteng 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Aris Ninu

POS KUPANG.COM, RUTENG -- Manajer Koperasi Karyawan Dioses (Kopkardios) Ruteng, Paulus J.Faran mengaku Kopkardios Ruteng akan memprioritas Kabupaten Manggarai Timur (Matim) dan Manggarai Barat (Mabar) guna dinaikkan menjadi kantor cabang. Pasalnya, selama ini dua kabupaten ini status masih tempat pelayanan kopkardios (TPK) bagi anggota.

"Kalau ijin sudah ada dan berbadan hukum maka kami akan naikkan status TPK Matim dan Mabar menjadi kantor cabang. Dua kabupaten ini selama masih belum memilikki kantor karena pelayannya masih terpusat di Ruteng. Maka itu kalau sudah ada ijin dua kabupaten ini akan jadi prioritas pengurus dan manajemen guna dinaikkan menjadi kantor cabang,"ujar Paulus yang ditemui Pos Kupang di Ruteng, Jumat (17/3/2017) siang.

Paulus menjelaskan, semua berkas pengurusan ijin guna mengembangkan sayap ke luar Manggarai telah dikirim ke Dinas Koperasi NTT. Di mana jika sudah ada ijin prirotas utama tentunya Matim dan Mabar serta kabupaten lain yang ada di Pulau Flores.

"Kalau Flores sudah pasti dan Pulau Timor akan jadi target kami guna membuka kantor cabang,"papar Paulus.

Ia menuturkan, aset Kopkardios Ruteng mencapai Rp 40,7 miliar di Tahun Buku 2016. Aset tersebut mengalami kenaikan hingga 27% jika dibandingkan total Aset di Tahun Buku 2015 atau kenaikan jumlah aset tersebut setara dengan Rp 8,7 miliar.

"Kami pun sudah melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-XVII Koperasi Karyawan Dioses Ruteng Tingkat Pusat,Kamis (16/3/2017) pagi yang dibuka Bupati Manggarai. Pencapaian kinerja pengurus, manajemen dan badan pengawas pada Tahun Buku 2016 cukup bagus dan menggembirakan.Semua itu karena ada aset,anggota, pinjaman dan simpanan non saham,"ujar Paulus.

Ia menjelaskan, sesuai dengan misinya Kopkardios akan terus mengembangkan produk pelayanan kepada anggota yang lebih kompetitif dan menguntungkan, meningkatkan kualitas dan kuantitas keanggotaan, meningkatkan kualitas manajemen, memperkuat kerjasama dengan semua pihak dan memperkokoh gerakan dengan menjalankan secara utuh komitmen Gerakan Koperasi Kredit Indonesia (GKKI).

Hingga saat ini Kopkardios melayani masyarakat Manggarai Raya baik di Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur. Jumlah anggota kini mencapai 9.377 orang di 27 Tempat Pelayanan Kopkardios dan tersebar di 50 Kelompok Pelayanan Kopkardios maka percepatan upaya pengentasan kemiskinan dapat menjadi kenyataan.

Dengan jangkauan pelayanan yang kini mencakup 3 Kabupaten di Provinsi NTT, maka dari aspek hukum, Kopdit Kopkardios sebagai Badan Usaha yang sudah memikiki Badan Hukum yang lama Primer Kabupaten Manggarai. Namun kini, Kopkardios sedang dalam proses mengusulkan perubahan badan hukum menjadi Primer Provinsi. Usulan dan kelengkapan bahan sudah dikirim ke Kupang, Ibu Kota Provinsi NTT.

Secara Nasional, di Tahun Buku 2016, Kopkardios Ruteng menempati peringkat 59. Di NTT, Kopkardios menempati peringkat 11 dan di Manggarai Raya menempati urutan kedua dari sisi jumlah anggota.*

Penulis: Aris Ninu
Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help